POLA ADAPTASI SOSIAL BUDAYA MAHASISWA AFIRMASI PAPUA DI LINGKUNGAN KAMPUS (STUDI KASUS MAHASISWA AFIRMASI PAPUA DI UNIVERSITAS PENDIDIDKAN GANESHA)

Authors

  • Gregorius A.S Jamlean Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Made Arya Suta Wirawan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Putra Yasa Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v3i2.39078

Abstract

Tujuan utama penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui pola adaptasi yang di lakukakan mahasiswa Papua di lingkungan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, (2) untuk mengetahui hambatan-hambatan apa saja yang di alami oleh mahasiswa Papua di Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja, (3) untuk mengetahui peran kampus memberi pendidikan agar mereka merasa nyaman di lingkungan   Universitas Pendidikan Ganesha. Metode yang di gunakan dalam penelitian ini yakni pendekatan deskriptif – kualitatif melalui tahap observasi, pengumpulan data, wawancara, dan di lengkapi dengan dokumentasi serta catatan lapangan. Teknik penentuan informan menggunakan purposive sampling dan dikembangkan dengan snowball sampling. Analisis datanya menggunakan model miles huberman meliputi: pengumpulan data, reduksi data, pengumpulan data, penarikan kesimpulan/verivikasi. Hasil penelitian ini yakni : (1) pola adaptasi yang di lakukan mahasiswa yakni, mengikuti berbagai organisasi, aktif dalam kegiatan belajar, memperkenalkan budaya, dan aktif dalam kegiatan keagamaan, (2) hambatan yang dirasakan yakni, minimnya pengetahuan pada jurusan yang ditempuh, penggunaan bahasa, keterlambatan pencairan beasiswa, interaksi dengan mahasiswa dan masyarakat, (3) peran kampus dalam memberikan pendidikan dengan menyediakan fasilitas kampus berupa perpustakaan, wifi, asrama, auditorium, UPT TIK, GOR, kepastian keamanan, kesehatan, dan pendidikan.

References

Amiruddin.Z.EfektivitasKomunikasiAntarbudaya.jurnal.pdii.lipi.go.id/admin/jurnal/711018.pdf Diakses tanggal 30 Oktober 2020

Koentjaraningrat, 1986. Pengantar Ilmu Antropologi. Jakarta. Aksara Baru

Kristian, S. 2013. Culture Shock Dan Negosiasi Identitas Diri Di Lingkungan Baru. Jurnal Autoethnography.https://www.academia.edu/4078702/CULTURE_SHOCK_DAN_NEGOSIASI_IDENTITAS_DIRI_DI_LINGKUNGAN_BARU_Studi_Autoethnography_tentang_Proses_Penyesuaian_Diri_ke_Budaya_Akademik_Universitas_Brawijaya_Malang_

Muhammad, Arni. 2001. Komunikasi Organisasi. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Mulyana, Deddy, dan Jalaluddin Rakhmat. 2003. Komunikasi Antarbudaya. Bandung: Rosdakarya

Mulyana, Deddy, 2007, Metode Penelitian Kualitatif, Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Dengan Orang-Orang Berbeda Budaya. 7th Ed. Bandung: Rosda Karya

Mulyana, D, Rahman, J. 2006. Komunikasi Antar Budaya Panduan Berkomunikasi

Mulyana, Deddy. 2010. Ilmu Komunikasi: Suatu Pengantar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Nola, Alfrida, 2020. Strategi Adaptasi Mahasiswa Undiksha Asal Jakarta dalam Kehidupan Sosial di Kota Singaraja. Jurusan Pendidikan Sosiologi, Undiksha, Singaraja

Ritzer, george & Smart, Barry, 2010. Teori Sosial. Bandung. Nusa Media

Rizky, Norisma. 2015. Strategi Adaptasi Sosial Budaya Mahasiswa Papua Penerima Beasiswa Afirmasi Dikti Tahun 2013 di Universitas Negeri Semarang. Jurusan Sosiologi dan Antropologi, Fakultas Ilmu Sosial, Universitas Negeri Semarang.

Sekeon, Kezia. 2013. Komunikasi Antarbudaya pada Mahasiswa Fisip Unsrat (Studi pada Mahasiswa Angkatan 2011. Jurnal Acta Diunra, Vol. 2 No. 3. Manado: Universitas Sam Ratulangi.

Utami, Lusia Savitri Setyo. 2015. Teori-Teori Adaptasi Antar Budaya. Jurnal Komunikasi. 7(2): 181-183

Winkelman, Michael. 1994. Cultural Shock and Adaptation. Journal of Counseling and Development: JCD; Nov 1994; 73, 2; ProQuest pg. 121. Volume 73.

Downloads

Published

2021-08-31