PELAKSANAAN PEMBELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 1 DI SMAN 2 BATANG ANAI KABUPATEN PADANG PARIAMAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpsu.v3i3.45779Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 1 SMAN 2 Batang Anai dalam merencanakan dan melaksanakan pembelajaran Sosiologi pada kurikulum 2013 yang dibuat oleh guru namun belum dapat dilaksanakan sesuai dengan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan belum diterapkan di kelas. Oleh karena itu penelitian ini bertujuan untuk menganalisis perencanaan dan mendeskripsikan pelaksanaan pembelajaran sosiologi pada siswa kelas XI IPS 1 diSMAN 2 Batang Anai. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori belajar kognitif yang dikemukakan oleh Jean Piaget. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan tipe deskriptif untuk menggambarkan masalah yang diteliti. Mengambil 7 informan. Ada dua jenis data dalam penelitian ini, yaitu data primer dan data sekunder. Pengumpulan data penelitian dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan studi dokumen. Analisis data dilakukan dengan mengumpulkan data, mereduksi data, menyajikan data dan menarik kesimpulan dengan unit analisis penelitian individu ini.Kata kunci: Pembelajaran, Kurikulum 2013, Sosiologi
References
Afrizal. (2014). Metode Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo
Persada.
Ali, M.(1983). Guru Dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo.
Bungin, Burhan. 2011. Penelitian Kualitatif: Komunikasi Ekonomi, Kebijakan Publik Dan Ilmu Sosial Lainnya. 2nd ed. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Idi, Abdullah, Pengembangan kurikulum teori dan praktik, Jogjakarta: Ar-Ruzz media, 2013.
Moleong J. Lexy. 2010. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda Karya.
Mulyasa. 2014. Pengembangan Dan Implementasi kurikulum 2013.
Bandung: PT. Remaja Rosdakaria.
Sugiyono. 2012. Metologi Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu-Ilmu Sosial.
Jakarta: Sulemba Humanika.
Downloads
Published
2022-03-24
Issue
Section
Articles