PERAN LEMBAGA PENDIDIKAN NONFORMAL DALAM MENGATASI PENGANGGURAN DI ERA DIGITAL
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpsu.v3i3.45781Abstract
Pendidikan merupakan bagian dari Indeks Pembangunan Manusia (IPM) yang digunakan untuk memperkirakan capaian pembangunan kualitas hidup manusia. Kualitas sumber daya manusia salah satunya ditentukan oleh pendidikan. Karena pendidikan akan membentuk pola pikir seseorang serta membantunya bertahan dalam kehidupan masyarakat yang dinamis. Di era digital dan globalisasi yang semakin meluas saat ini, masyarakat memiliki banyak peluang untuk memanfaatkan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi sebagai alternatif pekerjaan. Meskipun demikian, peluang pekerjaan tersebut perlu dilatih dan diasah baik secara otodidak melalui buku, website, dan video maupun melalui kursus. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan. Kajian literatur menjadi dasar dalam membentuk konsep maupun teori baru. Data yang digunakan merupakan data sekunder berasal dari artikel ilmiah yang dipublikasikan oleh jurnal internasional bereputasi seperti Scopus, Web of Science, Elsevier, dan lain-lain serta jurnal nasional terindeks Sinta (Science and Technology Indeks). Kesimpulan dari penelitian ini adalah cara mengurangi pengangguran yaitu dengan memperkenalkan masyarakat pada teknologi digital yang berpotensi menjadi peluang kerja. Sehingga masyarakat menjadi semakin terbiasa dengan kemajuan serta perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.Kata kunci: pendidikan nonformal, era digital, pengangguranReferences
Amin, M. (2016). Optimasi Klasifikasi Penilaian Akreditasi LembagaKursus Menggunakan Metode K-NN Dan Naive Bayes. 7(3), 148–154.
BPS. (2020). Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Indonesia pada tahun
mencapai 71,94. Bps.Go.Id. https://www.bps.go.id/pressrelease/2
/12/15/1758/indeks-pembangunan-manusia--ipm--indonesia-pada-tahun-2020-mencapai-71-94.html
Education Rankings by Country 2021. (2021). Word Populaton Review. https://worldpopulationreview.com/country-rankings/education rankings-by-country
Hermanto, F. ., Sutirman, S., Hidayati, B., & Sholikah, M. (n.d.). The need of practical teaching in vocational high school of Automation and Office Management Program. J. Pendidik. Vokasi, 9. https://doi.org/10.21831/jpv.v9i3.26734.
Indonesia Tingkat Pengangguran. (2021).
https://www.ceicdata.com/id/indicator/indonesia/unemployment-rate
Karunia, A. M. (2021). 7 Langkah Pemerintah Tekan Jumlah Pengangguran Selama Pandemi. Kompas. https://money.kompas.com/read/2020/07/02/193200026/7-langkah-pemerintah-tekan-jumlah-pengangguran-selama-pandemi
Nanga, M. (2001). Makroekonomi Teori, Masalah dan Kebijakan. PT Raja
Grafindo Persada.
Pengangguran Indonesia Kini Ada 9,1 Juta Orang, Turun Tipis dari Tahun Lalu. (2021, November 5). https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2021/11/05/pengangguran-indonesia-kini-ada-91-juta-orang-turun-tipis-dari-tahun-lalu
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Pasal 2 Nomor 81
Tahun 2013.
Snyder, H. (2019). Literature review as a research methodology: An overview and guidelines. Journal of Business Research, 104(August), 333–339. https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2019.
039
Sugiatno, S., & Husna, N. (n.d.). Isu-Isu Kosakata Matematis dalam
Pembelajaran Matematika. J. Hasil Peneliti Dan Kajian Kepustakaan Di
Bidang Pendidikan, Pengajaran Dan Pembelajaran, 6, 58. https://doi.org/10.33394/jk.v6i1.2281.
Sukirno, S. (1994). Pengantar Ekonomi Makro. PT Raja Grafindo Persada.
Sukirno, S. (2000). Makro Ekonomi Modern. PT Raja Grafindo Persada.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional Pasal 26 ayat 5.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Pasal 26 Tahun 2003
tentang Sistem Pendidikan Nasional.