IMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SOSIOLOGI SMA NEGERI 1 SUKASADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/2020 DIMASA PANDEMI COVID -19

Authors

  • Sekar Wiranti Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Mudana Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Made Arya Suta Wirawan Program Studi Pendidikan Sosiologi, Jurusan Sejarah Sosiologi dan Perpustakaan Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v3i3.45783

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kendala yang dihapi guru serta upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi dokumen, observasi, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dalam bentuk uraian singkat. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran Sosiologi yang dilakukan oleh guru kurang sesuai dengan RPP yang telah disiapkan. (2) Kendala yang dialami guru yakni, pengelolaan waktu, menentukan metode pembelajaran, dan melakukan penilaian sikap. (3) Upaya yang dilakukan dalam mengoptimalkan RPP yakni dengan menggunakan dua aplikasi pembelajaran,menyesuaikan metode pembelajaran, melaksanakan MGMP, dan melaksanakan workshop.Kata kunci: Kurikulum 2013, pembelajaran sosiologi, SMA Negeri 1 Sukasada

References

Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi

Depdiknas. 2003. Undang – Undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Kunandar. 2007. Guru profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat

Satuan Pendidikan (KTSP) dan persiapan menghadapi sertifikasi

guru. Jakarta: PT Raja GRafindo Persada.

Mulyasa. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja

Rosdakarya

Purwandari, Eni Lia. 2015. “Implementasi Rencana Pelaksanaan

Pembelajaran (RPP)”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.

Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.

Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar

Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.Zendrato, Juniriang. 2016. Tingkat

Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas. Scholaria. Volume 6, Nomor

, (Halaman 58 –72)

Downloads

Published

2022-03-24