IMPLEMENTASI RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP) SOSIOLOGI SMA NEGERI 1 SUKASADA SEMESTER GENAP TAHUN AJARAN 2019/2020 DIMASA PANDEMI COVID -19
DOI:
https://doi.org/10.23887/jpsu.v3i3.45783Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan dan menjelaskan implementasi Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), kendala yang dihapi guru serta upaya yang dilakukan untuk mengoptimalkan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode studi dokumen, observasi, dan wawancara. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kualitatif dalam bentuk uraian singkat. Hasil penelitian ini adalah sebagai berikut: (1) Pelaksanaan pembelajaran Sosiologi yang dilakukan oleh guru kurang sesuai dengan RPP yang telah disiapkan. (2) Kendala yang dialami guru yakni, pengelolaan waktu, menentukan metode pembelajaran, dan melakukan penilaian sikap. (3) Upaya yang dilakukan dalam mengoptimalkan RPP yakni dengan menggunakan dua aplikasi pembelajaran,menyesuaikan metode pembelajaran, melaksanakan MGMP, dan melaksanakan workshop.Kata kunci: Kurikulum 2013, pembelajaran sosiologi, SMA Negeri 1 SukasadaReferences
Dantes, Nyoman. 2012. Metode Penelitian. Yogyakarta: Andi
Depdiknas. 2003. Undang – Undang RI No. 20 Tahun 2003. Tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Kunandar. 2007. Guru profesional: Implementasi Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan (KTSP) dan persiapan menghadapi sertifikasi
guru. Jakarta: PT Raja GRafindo Persada.
Mulyasa. 2007. Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: Remaja
Rosdakarya
Purwandari, Eni Lia. 2015. “Implementasi Rencana Pelaksanaan
Pembelajaran (RPP)”. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.
Universitas Muhammadiyah Surakarta. Surakarta.
Sanjaya, Wina. 2009. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar
Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada.Zendrato, Juniriang. 2016. Tingkat
Penerapan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) Dalam Pelaksanaan Pembelajaran di Kelas. Scholaria. Volume 6, Nomor
, (Halaman 58 –72)