KOMUNITAS SOKOLA PESISIR DI KOTA MAKASSAR PADA MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • A. Octamaya Tenri Awaru Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar, Indonesia
  • Supriadi Torro Program Studi Pendidikan Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Universitas Negeri Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v4i1.48819

Keywords:

Komunitas, Sokola Pesisir, Covid-19

Abstract

Penyebaran virus covid 19 membuat kativitas masyarakat harus dibatasi, termasuk sektor pendidikan. Komunitas Sokola Pesisir adalah komunitas lembaga pendidikan alternatif yang menaungi anak-anak kurang mampu di daerah pesisir kota Makassar yang juga terkena dampak pendemi. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bentuk aktivitas komunitas sokola pesisir yang berubah di masa pandemi Covid 19 dan kendala yang dihadapi komunitas sokola  pesisir di masa pandemi Covid 19. Penelitian ini adalah penelitian kualitatif, Informan  penelitian ini adalah relawan yang telah bergabung di komunitas minimal 2 tahun, dan kader  komunitas Sokola Pesisir. Jumlah informan sebanyak 8 orang.  Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dan observasi dan selanjutnya dianalisis dengan  melalui 3 tahap yaitu reduksi data, paparan data, dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data penelitian melalui triangulasi sumber. Hasil penelitian menemukan: 1) Bentuk kegiatan Sokola Pesisir yang mengalami perubahan selama masa pandemi Covid-19 adalah durasi waktu mengajar yang lebih singkat,  aktivitas pembeljaran fokus disiang hari saja yang sebelumnya juga dilakukan dimalam hari,  pelaksanaan guru kunjung. 2) Kendala yang  dihadapi komunitas Sokola Pesisir di masa pandemi adalah  jumlah siswa yang datang ke tempat  komunitas Sokola Pesisir berkurang, pelaksanaan pembelajaran secara daring tidak bisa dilakukan karena terbatasnya kemampuan siswa, orangtua kurang mendukung kegiatan guru kunjung.

References

Agustang, A. (2013). Telaah Kritis Tentang Model Pendekatan Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif.

Ahidin, U. (2020). Covid 19 dan Work from Home. Desanta Muliavisitama.

Astini, N. K. S. (2020). Pemanfaatan teknologi informasi dalam pembelajaran tingkat sekolah dasar pada masa pandemi covid-19. Lampuhyang, 11(2), 13–25.

Awaru, A. O. T., Sartika, D., Banna, J., Muhlisah, N., & Wahyuni, A. (2021). Efektivitas Pemberdayaan pada Penyandang Disabilitas oleh Binaan Dekranasda Gowa Kecamatan Bontolempangan. Jurnal Simki Economic, 4(1), 23–34.

Cahyani, A., & Putri, A. S. (2021). Meninjau Respon Masyarakat Terkait Pemenuhan Hak Ekosob Melalui Kebijakan Protokol Kesehatan di Masa Pandemi. Seminar Nasional Hukum Universitas Negeri Semarang, 7(1), 65–88.

Creswell, J. W. (2009). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches. SAGE.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak Covid-19 terhadap implementasi pembelajaran daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61.

Jahiddin, M. (2021). Perilaku keagamaan masyarakat pesisir di masa pandemi covid-19: studi kasus di Kelurahan Jempong Baru Kecamatan Sekarbela Kota Mataram. UIN Mataram.

Maddatuang, M., Suprapta, S., & Winarti, W. (n.d.). Seaweed Farmers Perceptions of Children’s Formal Education Level in Bulu-Bulu Village, Tonra District, Bone Regency. LaGeografia, 20(1), 1–17.

MUDIYANA, K. (2021). PERSEPSI NELAYAN DESA BURAU PANTAI KECAMATAN BURAU KABUPATEN LUWU TIMUR TERHADAP PENTINGNYA PENDIDIKAN FORMAL. Universitas Hasanuddin.

Nurkomara, S. (n.d.). Perilaku Pencarian Informasi Mahasiswa Tingkat Akhir dalam Menyelesaikan Skripsi pada Masa Social Distancing. Fakultas Adab dan Humaniora.

Pradana, A. A., & Casman, C. (2020). Pengaruh Kebijakan Social Distancing pada Wabah COVID-19 terhadap Kelompok Rentan di Indonesia. Jurnal Kebijakan Kesehatan Indonesia: JKKI, 9(2), 61–67.

Syukur, M., Awaru, A. O. T., & Arifin, Z. (2019). Pemberdayaan istri nelayan Kelurahan Samataring melalui program daur ulang sampah plastik. Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat, 2019(4).

Warmansyah, J. (2020). Program Intervensi Kembali Bersekolah Anak Usia Dini Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(1), 743.

Wijoyo, H., Sunarsi, D., Akbar, M. F., Prasada, D., Lutfi, A. M., Safiih, A. R., Sari, W. I., Suhartono, A., Ariyanto, A., & Setyawati, L. (2020). Berdamai dengan Covid-19: true story. Insan Cendekia Mandiri.

Downloads

Published

2022-06-24