ANALISIS MODEL PEMBELAJARAN PROJECT BASED LEARNING DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI PENDIDIKAN

Authors

  • Patma Sulistiana Jurusan Pendidikan Sosiologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang, Indonesia
  • Rizki Setiawan Jurusan Pendidikan Sosiologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa Serang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v4i1.48820

Keywords:

Project Based Learning, Sosiologi Pendidikan

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk menggambarkan analisis model pembelajaran project based learning dalam perspektif sosiologi pendidikan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan data reducation, data display, dan verification serta teknik keabsahan data dengan triangulasi sumber. Teknik pemilihan informan menggunakan purposive sampling, dengan informan dosen dan mahasiswa Pendidikan Sosiologi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa yang melakukan model pembelajaran project based learning. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi model pembelajaran project based learning terbagi menjadi 4 tahap, pertama yaitu perencanaan, yang dilakukan dengan pengelompokan mahasiswa dan penentuan permasalahan. Kedua yaitu perancangan, dengan menyusun timeline dan rancangan penelitian. Ketiga yaitu pelaksanaan, dengan melakukan penelitian dan evaluasi. Keempat yaitu pelaporan dengan melakukan presentasi hasil akhir. Model pembelajaran project based learning dalam perspektif sosiologi pendidikan memberikan pembelajaran yang mandiri, bermakna, dan mendalam bagi mahasiswa

References

Kasih, Ayunanda Pinanta. 2021. “ Mendikbud Nadiem Dorong Pembelajaran Project Based Learning, seperti apa? “. Diakses pada 1 April 2022, melalui https://www.kompas.com/edu/read/2021/04/22/161500771/mendikbud-nadiem- dorong-pembelajaran-project-based-learning-seperti-apa-

Maliki, Zainudin. 2010. Sosiologi Pendidikan. Yogyakarta: Gajah Mada University Press.

Nirmayani, L, Heny dan Ni Putu Candra Prastya Dewi. 2021. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Sesuai Pembelajaran Abad 21 Bermuatan Tri Kaya Parisudha. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, Vol 4, No 3, hlm: 378-385.

Pujiastuti, Ika. 2021. Implementasi Project Based Learning Dalam Pembelajaran Abad 21 Pada Mata Pelajaran Geografi Kelas XI IPS SMA Nasional 3 Bahasa Putera Harapan Purwokerto. Prosiding, Vol 1. Purwokerto: Universitas Muhammadiyah Purwokerto Press.

Purnomo, Halim dan Yunanhar Ilyas. 2019. Tutorial Pembelajaran Berbasis Proyek. Yogyakarta: K-Media.

Setiawan, dkk. 2022. Sosiologi Pembangunan. Tangerang : Media Edukasi Indonesia.

Sulisworo, Dwi. 2010. Konsep Pembelajaran Project Based Learning. Semarang: PT. Sindur Press.

Taufiqrrahman dan Junaidi. 2021. Pembelajaran Berbasis Proyek (Project Based Learning) Untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21. Jurnal INCARE: International Journal of Education Resources, Vol 2, No 2, hlm: 226-241.

Tinenti, Yanti Rosinda. 2018. Model Pembelajaran Berbasis Proyek (PBP) dan Penerapannya dalam Proses Pembelajaran di Kelas. Yogyakarta: Deepublish Publisher.

Downloads

Published

2022-06-24