KONSTRUKSI SOSIAL SUAMI TERHADAP PERAN PUBLIK ISTRI: STUDI PADA PEKERJA PENCUCIAN SARANG BURUNG WALET “MAHANANI BIRDNEST” DI DUSUN PEDES, DESA SELOREJO, KECAMATAN SAMBENG, KABUPATEN LAMONGAN

Authors

  • Anindita Surya Mahanani S2 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Negeri Surabaya
  • Sugeng Harianto S2 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Negeri Surabaya

Keywords:

Konstruksi Sosial, Peran Publik Istri

Abstract

Keluarga menempati unit terkecil dalam tatanan struktur sosial, dimana didalamnya terdapat anggota keluarga yang menempati perannya masing-masing. Yang di identikkan dengan suami yang cenderung ada pada peran publik dan istri pada peran domestik. Akan tetapi seiring perkembangan zaman dan pemikiran istri (perempuan) juga menjalankan peran publik. Pada artikel ini akan dianalisis mengenai konstruksi sosial suami terhadap peran publik istri yang merupakan pekerja pada plasma pencucian sarang burung walet “Mahanani Birdnest” yang ada di Dusun Pedes, Desa Selorejo, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan. Ditengah masyarakat yang cenderung patriarkhi suami memberikan kesempatan istri untuk berkerja akan tetapi dengan beberapa kesepakatan yang dibangun agar tidak terjadi suatu kesenjangan peran.

References

Ade Irma Sakina. Dessy Hasanah Siti A. (2017). Menyoroti Budaya Patriarki di Indonesia. Social Work Journal, 7(1), 72.

Darmin Tuwu. (2018). Peran Pekerja Perempuan dalam Memenuhi Ekonomi Keluarga : dari Peran Domestik Menuju Sektor Publik. Al Izzah : Jurnal Hasil-Hasil Penelitian, 13(1), 64.

Ida Hidayatul Aliyah. (2018). Feminisme Indonesia dalam Lintas Sejarah. Temali : Jurnal Pembangunan Sosial, 1(2), 141.

Ika Agustina. Argyo Demartoto. (2021). Hubungan Peran Ganda dengan Fungsi Sosialisasi melalui Relasi Gender dalam Keluarga Buruh Gendong Pasar Legi Kota Surakarta. Jurnal Analisa Sosiologi, 10(1), 245.

Israpil. (2017). Budaya Patriarki dan Kekerasan terhadap Perempuan (Sejarah dan Perkembangannya). Jurnal Pusaka : Khasanah Keagamaan, 5(2), 142.

Lukman Budi Santoso. (2019). Eksistensi Peran Perempuan Sebagai Kepala Keluarga (Telaah Terhadap Counter Legal Draft-Kompilasi Hukum Islam dan Qira’ah Mubadalah. Marwah : Jurnal Perempuan, Agama Dan Jender, 18(2), 110.

Mariatul Qibtiyah Harun AR. (2015). Rethinking Peran Perempuan dalam Keluarga. Jurnal Karsa, 23(1), 18.

Polelah, S. A. (2021). Peran Ganda Perempuan dalam Peningkatan Perekonomian Keluarga (Studi Kasus pada Perempuan Bekerja di Kecamatan Padaricang Kabupaten Serang). Indonesian Journal of Sociology, Education and Development (IJSED), 3(1), 55.

Putri Dyah Ayu Fitriyaningsih. Fita Nurotul Faizah. (2020). Relevansi Kesetaraan Gender dan Peran Perempuan Bekerja terhadap Kesejahteraan Keluarga di Indonesia (Perspektif Ekonomi Islam). Jurnal Al-Maiyyah, 13(1), 39.

Sifa Mulya Nurani. (2021). Kedudukan Perempuan Karir dalam Berumah Tangga di Era Revolusi Industri 4.0 Perspektif Gender. Jurnal Usratuna, 1(5), 105.

Downloads

Published

2022-08-05