POTENSI DEGRADASI NORMA-NORMA KELAS PADA PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN (DARING) SEMASA PANDEMI DARI PERSPEKTIF DRAMATURGI ERVING GOFFMAN

Authors

  • Ery Ricardo Nababan Universitas Kristen Satya Wacana

Keywords:

Dramaturgi, Degradasi Norma-Norma kelas, Pembelajaran Dalam Jaringan (daring), Erving Goffman

Abstract

Gagasan utama artikel ini hendak menganalisis potensi degradasi norma-norma kelas dalam proses pembelajaran dalam jaringan (daring). Norma-norma tersebut mencakup norma kesusilaan dan norma kesopanan yang mengejawantah pada aturan yang tertulis maupun yang sudah menjadi tradisi. Norma-norma kelas tersebut penting dalam mendukung iklim belajar dan juga menentukan ciri khusus pelajar di setiap tingkatan. Lebih dari itu, norma-norma tersebut juga sudah lama mengakar di sistem pendidikan di Indonesia sehingga perlu dijaga keberlangsungannya. Proses belajar mengajar dalam jaringan (daring) adalah metode pembelajaran yang belakangan dipakai dalam menyikapi pandemi covid-19 yang melanda dunia umunya dan Indonesia khususnya. Metode pembelajaran yang secara prinsip serupa dengan metode pembelajaran normal namun berbeda secara teknis ini ditengarai berpotensi mengalami degradasi, khususnya pada norma-norma kelas. Salah satu penyebabnya dikarenakan ruang kelas berubah menjadi ruang virtual yang tidak dapat dikontrol keberlangsungannya. Selain itu, sistem dalam penggunaan platform kelas virtual dirasa memiliki banyak kelemahan disamping sebagai alternatif metode pembelajaran yang cukup efektif dalam menyikapi pandemi covid-19. Dengan menggunakan pendekatan teori dramaturgi Goffman, artikel ini mencoba untuk menganalisis potensi degradasi tersebut dengan dari sudut panggung depan (front stage) dan panggung belakang (back stage) yang dilakukan peserta didik dalam pelaksanaan proses belajar mengajar daring. Kajian ini menggunakan metode studi pustaka serta menggabungkannya dengan eksplorasi dari proses pembelajaran daring dengan mengkaji beberapa sumber sebagai referensi dan digabungkan dengan informasi-informasi terkait kajian ini, diharapkan nyatalah potensi degradasi norma-norma kelas dalam proses belajar mengajar daring yang dimaksud.

References

Anita Wardani, Yulia Ayriza, Analisis Kendala Orang Tua dalam Mendampingi Anak Belajar di Rumah Pada Masa Pandemi Covid-19, Artikel dalam Jurnal Obsesi : Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 5, 2020

George Ritzer, Teori Sosiologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011

George Ritzer, Teori Sosiologi, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2011

Inger Fursed, An Introduction to the Sociology of Religion, England: Ashgate Publishing Limited, 2006

Margaret M.Poloma, Sosiologi Kontemporer, Jakarta: Rajawali Pers

Phlipe Cabin dan Jean Francois Doriter (Ed.), Sosiologi: Sejarah dan Berbagai Pemikirannya, Yogyakarta: Kreasi Wacana, 2004

Sa’odah dkk, Implementasi Nilai-Nilai Norma Dalam Pembelajaran PPKN SD, artikel Jurnal Universitas Muhammadiyah Tangerang

Suko Widodo, 2010, Anatomi dan Perkembangan Teori Sosial, Malang: Aditya Media Publishing

Umiarso Elbiansyah, Interaksionalisme Simbolik dari Era Klasik Hingga Modern, Jakarta: PT.Rajawali Grafindo Persada, 2014

https://www.silabus.web.id/dramaturgis-goffman/,

https://ejournal.undip.ac.id/index.php/interaksi/article/view/9740/7808,

https://pakarkomunikasi.com/teori-dramaturgi

Downloads

Published

2022-08-05