DAMPAK POLA ASUH TERHADAP PEMBENTUKAN PERILAKU ANAK TKW

Authors

  • Surrotul Hasanah S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Negeri Malang Malang, Indonesia
  • Idris S1 Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial Universitas Negeri Malang Malang, Indonesia

Keywords:

Pola Asuh, Perilaku, Anak TKW

Abstract

Orang tua terutama ibu berperan penting terhadap pembentukan perilaku anak. Perkembangan fisik, psikis, dan perilaku harus diperhatikan dengan baik untuk kelangsungan hidup anak. Akan tetapi, apabila seorang ibu bekerja menjadi TKW tentu anak membutuhkan figur peran pengganti yang akan mendidik dan mendampinginya. Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis penerapan pola asuh pada anak TKW dan dampak pola asuh terhadap perilaku anak TKW. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis deskriptif. Pengumpulan data melalui wawancara semi terstruktur dengan sembilan informan yaitu ayah, nenek, dan tante anak TKW. Teknik analisis data menggunakan model interaktif Miles Huberman meliputi reduksi data, display data, dan verifikasi data. Temuan penelitian adalah pengasuh dari anak TKW memiliki kecenderungan menggunakan pola asuh demokratis daripada otoriter dan permisif. Pengasuhan demokratis ditandai dengan memberi dorongan dan dukungan setiap kegiatan positif yang dilakukan anak. Pengasuhan otoriter lebih menekankan anak untuk patuh sedangkan pengasuhan permisif dengan memberi kasih sayang berlebihan tanpa adanya panduan. Ketiga pola asuh tersebut berdampak positif dan negatif pada anak. Adapun dampak positif yang diterima anak TKW seperti semangat dalam sekolah, belajar, beribadah, perilaku sosial yang baik, mencintai dan menjaga lingkungan sekitar. Dampak negatif pada beberapa anak TKW memiliki perilaku manja, tidak mandiri, dan tidak memiliki keberanian. Dengan demikian, penerapan pola asuh demokratis sebagai pilihan tepat yang digunakan pengasuh memberi dampak positif kepada perilaku anak TKW.

References

Anggraini, P., Monanisa, M., & Arafat, Y. (2020). Dampak Tenaga Kerja Wanita (TKW) Terhadap Sosial Ekonomi Keluarga yang Ditinggalkan di Kecamatan Tanjung Raja. Jurnal Swarnabhumi : Jurnal Geografi Dan Pembelajaran Geografi, 5(1), 35. https://doi.org/10.31851/swarnabhu mi.v5i1.3220

Asma Fadhilah, H., Siti Aisyah, D., & Karyawati, L. (2021). Dampak Pola Asuh Permisif Orang Tua Terhadap Perkembangan Sosial-Emosional Anak Usia Dini. Early Childhood : Jurnal Pendidikan, 5(2), 90–104.

Badriah, E. R., & Fitriana, W. (2018). Pola Asuh Orang Tua Dalam Mengembangkan Potensi Anak Melalui Homeshooling Di Kancil Cendikia. Comm-Edu (Community Education Journal), 1(1), 1.

https://doi.org/10.22460/comm- edu.v1i1.54

Baumrind, D. (2022). Effects of Authoritative Parental Control on Child Behavior. Child Development, 22.

Fajar, & Brata, N. T. (2019). Permasalahan Anak-anak Tenaga Kerja Wanita (TKW) di Kampung Buruh Migran sebagai Akibat Aktivitas Migran. Solidarity, 8(2), 762–771.

Faradila, S., & Imaningsih, N. (2022). Faktor-Faktor Kemiskinan di Kabupaten Sampang. Jurnal Dinamika Ekonomi Pembangunan, 5(1), 545–552. https://doi.org/10.33005/jdep.v5i1.3 13

Framanta, G. M. (2020). Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Kepribadian Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 126–129. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.6 54

Kusdi, S. S. (2019). Peranan Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Anak. AL-USWAH: Jurnal Riset Dan Kajian Pendidikan Agama Islam, 1(2), 100. https://doi.org/10.24014/au.v1i2.62 53

Kusmiati, E., Sari, D. Y., & Mutiara, S. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Membentuk Disiplin Anak di Masa Pandemi. 4(2), 16.

Latifah, A. (2020). Peran Lingkungan dan Pola Asuh Orang Tua terhadap Pembentukan Karakter Anak Usia Dini. (JAPRA) Jurnal Pendidikan Raudhatul Athfal (JAPRA), 3(2), 101–112. https://doi.org/10.15575/japra.v3i2. 8785

Makagingge, M., Karmila, M., & Chandra, A. (2019). Pengaruh Pola Asuh Orang Tua terhadap Perilaku Sosial Anak (Studi Kasus Pada Anak Usia 3-4 Tahun di KBI Al Madina Sampangan. 3(2), 8.

Mardiah, L. Y., & Ismet, S. (2021). Dampak Pengasuhan Otoriter Terhadap Perkembangan Sosial Anak. 14.

Mardiana, N. S. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua terhadap Interaksi Anak Usia Dini. Pedagogi: Jurnal Ilmu Pendidikan, 20(1), 22. https://doi.org/10.24036/pedagogi.v 20i1.801

Muhaemin, Z. (2019). Dampak Ibu Bekerja sebagai Tenaga Kerja Wanita terhadap Perilaku Siswa di Sekolah (Studi Kasus di MI Wathoniyah Gintung Lor). OASIS : Jurnal Ilmiah Kajian Islam, 3(2), 39–59.

Nadhifah, I., Kanzunnudin, M., & Khamdun, K. (2021). Analisis Peran Pola Asuh Orangtua terhadap Motivasi Belajar Anak. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(1), 91–96. https://doi.org/10.31949/educatio.v 7i1.852

Nafiah, U., & Imsiyah, N. (2018). Pengaruh Pola Asuh Otoriter terhadap Sikap Kemandirian Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Miftahus Salam Kaliwates Jember. 4.

Nurfitri, T. (2021). Pola Asuh Demokratis dalam Menumbuhkan Kemandirian Anak. 7(1), 5.

Puspita Sari, C. W. (2020). Pengaruh Pola Asuh Otoriter Orang Tua Bagi Kehidupan Sosial Anak. Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 2(1), 76–80. https://doi.org/10.31004/jpdk.v1i2.5 97

Putri, Y. S., Pratiwi, I. A., & Ismaya, E. A. (2020). Peran Pola Asuh dalam Pembentukan Minat Belajar Anak di Desa Medini. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 697–704. https://doi.org/10.52060/mp.v5i2.37 7

Priambodo, R. (2022). TKI Ilegal asal Kabupaten Sampang Mencapai 4449 Orang. Retrieved August 29, 2022, from https://suryamalang.tribunnews.co

m/2022/08/10/tki-ilegal-asal- kabupaten-sampang-mencapai 4449-orang

Salafuddin, S., Santosa, S., Utomo, S., & Utaminingsih, S. (2020). Pola Asuh Orang Tua dalam Penguatan Pendidikan Karakter Anak (Studi Kasus pada Anak TKW di SDN Pidodo Kecamatan Karangtengah). JPAI: Jurnal Perempuan dan Anak Indonesia, 2(1), 18. https://doi.org/10.35801/jpai. 2.1.2020.28276

Saleh, S., Arhas, S. H., & Nur, H. (2021). Pola Asuh Orang Tua dalam Pembentukan Karakter Peserta Didik. Phinisi Integration Review, 4(3), 452–459.

Septiani, F. D., Fatuhurrahman, I., & Pratiwi, I. A. (2021). Pola Asuh Orang Tua Terhadap Motivasi Belajar Pada Anak Sekolah Dasar. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 7(3), 1104–1111. https://doi.org/10.31949/educatio.v 7i3.1346

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Susilawati, S. (2020). Pembelajaran yang Menumbuhkembangkan Karakter Religius pada Anak Usia Dini. Aulad : Journal on Early Childhood, 3(1), 14–19. https://doi.org/10.31004/aulad.v3i1. 46

Sutiana, M. A., Nandtia, R. P., A’yun, Q., Prayogi, A. R., & Imron, A. (2018). Pola Pengasuhan Anak pada Keluarga TKW di Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar Pola Pengasuhan Anak Pada Keluarga Tkw Di Kecamatan Srengat Kabupaten Blitar Mega Andhika Sutiana Rika Putri Nandatia Qurrota A ’ yun Ary Rusdiantono Prayogi Ali Imron Abstrak. Paradigma, 06(01), 1–6.

Downloads

Published

2022-11-01