PENGELOLAAN INTERAKSI SOSIAL GURU PADA MASYARAKAT

Authors

  • Muhammad Yasin Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta Kutai Timur, Indonesia
  • Atikatul Adawiyah Program Studi Pendidikan Agama Islam Jurusan Tarbiyah Sekolah Tinggi Agama Islam Sangatta Kutai Timur, Indonesia

Keywords:

Interaksi, Guru, Masyarakat

Abstract

Adapun tujuan penelitiannya yaitu agar mengetahui seperti apa pengelolaan interaksi guru terhadap masyarakat di gang kauman satu Sangatta utara. fokus penelitian ini adalah bagaimana konsep pengelolaan interaksi sosial guru, pelaksanaan pengelolaan interaksi sosial guru pada masyarakat dan problem yang dihadapi. Harapannya adalah untuk memberikan pemahaman dan pedoman bagi guru sebagai tokoh sosial di tengah masyarakat. Metode yang peneliti gunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan teknik pengumpulan data, wawancara, didapatkan hasil bahwa dalam bermasyarakat guru memiliki nilai sosial yang tinggi, guru juga sering berpartisipasi dengan kegiatan-kegiatan yang diadakan oleh masyarakat gang kauman satu Sangatta Utara. Adapun hasil penelitian ini bahwa 1).konsep interaksi di dalam kehidupan bermasyarakat  adanya rasa toleransi rasa kebersamaan, 2). masyarakat di gang kauman satu dalam berinteraksi sosial sudah sangat harmonis, baik dari profesi yang sama maupun yang berbeda. 3). Problematika interaksi sosial gang kauman masyarakat di gang Kauman tersebut terlihat bahwa masyarakat masih kental dan membedakan keadaan perwatakan masing-masing.

References

Aeni K, N. (2021). Pola Komunikasi Interaksi Sosial Pedagang di Pasar Lakessi Kota Parepare (Sebuah Studi Dramaturgi). IAIN Parepare.

Astuti, I., & Muthali’in, A. (2015). Pengelolaan Pendapatan Asli Desa (Studi Kasus di Desa Ngombakan Kecamatan Polokarto Kabupaten Sukoharjo Tahun 2014). Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Azizi, N. (2012). Konsep interaksi edukatif antara guru dan murid perspektif KH. Hasyim Asy’ari. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim.

Dwintari, J. W. (2017). Kompetensi kepribadian guru dalam pembelajaran pendidikan kewarganegaraan berbasis penguatan pendidikan karakter. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 7(2), 51–57. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.20527/kewarganegaraan.v7i2.4271

Erawaty, E., & Bahari, Y. (n.d.). Interaksi Sosial Siswa Sesama Tingkat Antar Golongan Etnik Di Lingkungan Asrama SMA Taruna Bumi Khatulistiwa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 2(1). https://doi.org/http://dx.doi.org/10.26418/jppk.v2i1.510

Hadi, I. P. (2020). Penelitian Media Kualitatif (Shara Nuarchma, Ed.). Depok: Rajawali Pres.

Hantono, D., & Pramitasari, D. (2018). Aspek perilaku manusia sebagai makhluk individu dan sosial pada ruang terbuka publik. Nature: National Academic Journal of Architecture, 5(2), 85–93. https://doi.org/https://doi.org/10.24252/nature.v5i2a1

Hendayani, M. (2019). Problematika Pengembangan Karakter Peserta Didik di Era 4.0. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(2), 183.

Hermansyah, H. (2019). Sistem Informasi Pengolaan Data Perjalanan Dinas Pada Sekretariat DPRD Kabupaten Seruan Berbasis Dekstop. Jurnal Penelitian Dosen FIKOM (UNDA), 10(1).

Hilal, U. Z. (2019). Peran Sosial Guru PAI dalam Masyarakat. JURNAL AL-QALAM: JURNAL KEPENDIDIKAN, 20(1), 64–77.

Mubarok, R. (2019). Pelaksanaan Fungsi-Fungsi Manajemen Dalam Peningkatan Mutu Lembaga Pendidikan Islam. Al-Rabwah, XIII(1), 27–44.

Muslim, A. (2013). Interaksi sosial dalam masyarakat multietnis. Jurnal Diskursus Islam, 1(3), 483–494.

Ningrum, R. (2019). Seni Menjadi Pribadi yang Diterima & Disukai di Mana pun dan Kapan pun: Hasil penelitian menunjukkan 85% kesuksesan seseorang ditentukan karena mereka diterima dan disukai orang lain (Zig Ziglar). Anak Hebat Indonesia.

Prasanti, D., & Indriani, S. S. (2017). Interaksi Sosial Anggota Komunitas LET’S HIJRAH dalam Media Sosial Group LINE. Jurnal The Messenger, 9(2), 143–152.

Purba, B., & Muttaqien, C. A. (2021). Komunikasi Sosial dalam Mempererat Persaudaraan Masyarakat Sunda di Kota Medan. Network Media, 4(2), 1–19.

Rahmah, L. A., & Amaludin, A. (2021). Penerapan Interaksi Sosial Antar Masyarakat Melalui Moderasi Beragama Dan Sikap Toleransi di Desa Gentasari Kecamatan Kroya Kabupaten Cilacap. To Maega: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 4(3), 341–350. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.35914/tomaega.v4i3.860

Rohman, F., & Sadewo, F. X. S. (2014). Pola Interaksi Guru Dan Siswa Kelas VIII Smp Muhammadiyah 3 Surabaya. Paradigma, 2(3), 1–6.

Setyorini, W. (2020). Interaksi Sosial Masyarakat Dalam Menjaga Toleransi Antar Umat Beragama (Desa Gumeng Kecamatan Jenawi Kabupaten Karanganyar). Kajian Moral Dan Kewarganegaraan, 8(3), 1078–1093.

Shalihah, F. (2017). Sosiologi Hukum. Jakarta: Rajawali Pers.

Siburian, T. A. (2013). Metodologi Penelitian Manajemen Pendidikan.

Sucipto, U. (2014). Sosiologi. Deepublish.

Sugiono. (2016). Metode Penelitan Kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suryani, R. (2017). Fungsi Whatsapp Grup Shalihah Cabang Bandar Lampung Sebagai Pengembangan Media Dakwah Dalam Membentuk Akhlakul Karimah. UIN Raden Intan Lampung.

Xiao, A. (2018). Konsep Interaksi Sosial Dalam Komunikasi, Teknologi, Masyarakat. Jurnal Komunika: Jurnal Komunikasi, Media Dan Informatika, 7(2), 94–99. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.31504/komunika.v7i2.1486

Yasin, M. (2022). Pelaksanaan Manajemen Kurikulum Pesantren Dalam Membentuk Karakter Mandiri Santri. DIAJAR: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 1(1), 72–79.

Downloads

Published

2022-11-01