RAPDEMAN BENCANA MENTAWAI DALAM PERSPEKTIF SOSIOLOGI

Authors

  • Nadya Widuri Jurusan Sosiologi dan Antropologi Universitas Negeri Semarang Semarang, Indonesia
  • Bernadine Ayunda Prabandani Jurusan Sosiologi dan Antropologi Universitas Negeri Semarang Semarang, Indonesia
  • Rama Hardiana Jurusan Sosiologi dan Antropologi Universitas Negeri Semarang Semarang, Indonesia
  • Wirahma Azellia Jurusan Sosiologi dan Antropologi Universitas Negeri Semarang Semarang, Indonesia
  • Salmaa Amalia Putri Jurusan Sosiologi dan Antropologi Universitas Negeri Semarang Semarang, Indonesia
  • Didi Didi Pramono

Keywords:

Repdeman, Bencana Mentawai, Sosiologi

Abstract

Tujuan dari kajian ini adalah untuk mengetahui pandangan masyarakat terhadap bencana tsunami Mentawai dan untuk mengetahui pandangan sosiologi terhadap dampak bencana alam tersebut. Metode penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan metode Studi Pustaka. Para ilmuwan sosiologi kontemporer telah merumuskan beberapa kesepakatan implisit tentang bencana, yaitu: (1) bencana merupakan fenomena sosial; (2) perspektif agen eksternal harus dihindari dalam studi kebencanaan; (3) gangguan sosial yang muncul sebagai bagian dari dampak bencana harus menjadi fokus utama; (4) konsep bencana itu sendiri terkonstruksi secara sosial; dan (5) fokus riset kebencanaan harus diarahkan kepada pengembangan respon efektif organisasi sosial. Simpulan penelitian ini adalah penduduk Mentawai masih kekeh dengan cara hidup mereka meskipun telah disosialisasikan akan potensi tsunami yang suatu saat bakal terjadi. Sebagian dari mereka beranggapan bahwa saran yang diberikan oleh pemerintah bukanlah suatu solusi yang kemudian dapat menghilangkan segala bentuk kekhawatiran terhadap ancaman yang menerkam mereka. Saran pindah hunian ke tempat yang lebih tinggi justru menghadapkan mereka kenapa persoalan baru yang hadir di depan mata mereka.

References

Budirahayu, T. (2019). Kajian Sosiologis tentang Kebencanaan Kaitannya dengan Penguatan dan Ketahanan Keluarga dalam Menghadapi Bencana Alam (2nd ed.). Talenta Publisher.

Herdiana, M., Christiana, D. W., & Kusumah, G. (2016, Oktober). TSUNAMI MENTAWAI PADA 25 OKTOBER 2010 DAN DAMPAKNYA KINI TERHADAP PANTAI BARAT MENTAWAI. Jurnal Kelautan, 9(2).

Pramono, R. (2016). Perspektif Sosiologis dalam Penanggulangan Bencana. Jurnal Masyarakat dan Budaya, 18(1).

Prasojo, M. N. B. (2015, Oktober). KONSTRUKSI SOSIAL MASYARAKAT TERHADAP ALAM GUNUNG MERAPI: Studi Kualitatif tentang Kearifan Lokal yang Berkembang di Desa Tlogolele Kecamatan Selo Kabupaten Boyolali. Jurnal Analisa Sosiologi, 4(2), 31-46.

Downloads

Published

2023-09-01