JARINGAN SOSIAL PETANI PEMBIBITAN KELAPA SAWIT DI DESA KARYA INDAH KECAMATAN TAPUNG KABUPATEN KAMPAR

Authors

  • Saharudin Saharudin Program Pascasarjana, Magister Sosiologi, Universitas Riau
  • Hesti Asriwandari Program Pascasarjana, Magister Sosiologi, Universitas Riau
  • Syahril Nedi Program Pascasarjana, Magister Sosiologi, Universitas Riau

Keywords:

Jaringan Sosial, Petani, Pembibitan Kelapa Sawit

Abstract

Abstrak

Tulisan ini mengkaji tentang khususnya dalam kehidupan petani pembibitan kelapa sawit dan ingin mengetahui jaringan sosial petani pembibitan kelapa sawit untuk kelangsungan pendistribusiannya, adapun tempat lokasi penelitian ini adalah di Desa Karya Indah Kecamatan Tapung Kabupaten Kampar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu menggunakan metode kualitatif deskriptif. Dimana dalam penelitian ini penulis menemukan ada beberapa jaringan yang para petani pembibitan kelapa sawit gunakan dalam usahatani pembibitan kelapa sawit mereka, yaitu terdapat tiga jaringan yang pertama mikro, meso, dan makro. Jaringan mikro, Hubungan timbal balik, dibantu modal oleh orang pemodal atau teman dengan perjanjian bagi hasil, menjual lahan untuk dijadikan modal, dan mecari pinjaman. Jaringan meso, Petani pembibitan kelapa sawit membentuk sebuah kelompok dalam membangun bentuk jaringan sosial saling berbagi informasi, jika jaringan dimulai dari simpul yang pertama yaitu petani pembibitan kelapa sawit, dan selanjutnya akan terhubung dalam lingkaran jaringan lainnya. Jaringan makro adalah jaringan yang di bentuk oleh petani sendiri sebagai tempat jual beli dari hasil panen mereka, dan jaringan yang selalu digunakan dalam kehidupan petani pembibitan kelapa sawit adalah mencari pelanggan dengan menawarkan berbagai kenalan dan di media sosial, atau membuat iklan jual beli di media sosial seperti di group-group jual beli facebook dan iklan lainnya.

References

Agusyanto. (2007). Jaringan Sosial Dalam Organisasi. Persada: PT. Raja Grafindo.

Agusyanto, R. (2014). Jaringan Sosial Dalam Organisasi. Jakarta: Rajawali Pers.

BHMN, T. P. (2010). Pembangunan Perdesaan Dalam Rangka Meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat. Bogor: Kampus IPB Taman Kencana.

Damsar. (2009). Pengantar Sosiologi Ekonomi. Jakarta: Prenadamedia Group.

Damsar. (2009). Pengantar Sosiologi Ekonomi Edisi Kedua. Jakarta 13220: Kencana.

Haidi. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Universitas Muhammadiyah Malang.

Irawan, D. (2020). Peningkatan Daya Saing Usaha Micro Kecil dan Menengan Melalui Jaringan Usaha. Jurnal Ilmiah Manajemen, 113.

Mona, N. (2020). Konsep Isolasi Dalam Jaringan Sosial Untuk Meminilisasi Efek Contagisous (Kasus Penyebaran Virus Corona Di Indonesi). JSHT, 118-119.

Muchsin. (2016). Analisis Finasial Usaha Pembibitan Kelapa Sawit (Elaeis guinensis Jacq) PADA Tingkat Petani Di Desa Badak Mekar Kecamatan Muara Badak Kabupaten Kutai Kartanegara Propinsi Kalimatan Timur. Agrifor Volume XV.

Pahmi. (2010). Perspektif Baru Antropologi Perdesaan. Jakarta: Gaung Persada Press (GP Prees) Jakarta.

Pram, H. (2022, Februari Senin). 3 Pengertian Jaringan Sosial Menurut Para Ahli. Retrieved from IndonesiaStudents.com: https://www.indonesiastudents.com/pengertian-jejaring-sosial-menurut-para-ahli/

Ruslan, I. (2012). Perubahan Sosial Dan Ekonomi Masyarakat Akibat Perkebunan Kelapa Sawit. Sosiologi Ekonomi Institut Agama Islam Negeri Pontianak.

Soleh. (2014). Pembangunan Dengan Pemberdayaan. Bandung: Fokusmedia.

Soleh, C. (2014). Dialektika Pembangunan Dengan Pemberdayaan. Bandung 40613: Fokusmedia.

Sosiologi, D. (2021, Oktober 30). Pengertian Jaringan Sosial, Teori, Jenis, Fungsi, Dan Contohnya. Retrieved from Dosen Sosiologi.com Ilmu Sosiologi: https://dosensosiologi.com/jaringan-sosial.

Sujianto. (2009). Pemberdayaan Menuju Masyarakat Mandiri. Pekanbaru: Alaf Riau, Graha Unri Press.

Sulistiawati, A. (2014). Analisis Jaringan Sosial Dalam Gabungan Kelompok Tani (Gapoktan) Tani Berkah. ISSN : 2302 - 7517.

Suyono, H. d. (2009). Pedoman Pembentukan dan Pengembangan Pos Pemberdayaan Keluarga. Jakarta: Balai Pustaka.

Sztompka, P. (2011). Sosiologi Perubahan Sosial. Jakarta: Media Group.

Utomo, D. T. (2021). Sistem Monitoring Dan Kontrol Pembibitan Kelapa Sawit Berbasis Internet Of Things. Jurnal Komputer Dan Aplikasi, 177.

Wati, S. (2022). Rancang Bangun Pembibitan Kelapa Sawit Berbasis IoT (Internet Of Things). JATI (Jurnal Mahasiswa Teknik Informatika), 146.

Downloads

Published

2023-09-01