SAKRALITAS AGAMA DALAM TRADISI ZIARAH MAKAM MASAYIKH DI YAYASAN RIYADLOTUT THALABAH SEDAN

Authors

  • Khuzaimah Khuzaimah Ilmu Sosial/Sosiologi Universitas Negeri Surabaya Surabaya, Indonesia
  • Sugeng Hariyanto Ilmu Sosial/Sosiologi Universitas Negeri Surabaya Surabaya, Indonesia

Keywords:

Sakralitas Agama, Ziarah, Emile Durkheim

Abstract

Yayasan Riyadlotut Thalabah Sedan merupakan Lembaga Pendidikan islam. Yayasan ini terdiri dari Lembaga Pendidikan formal seperti raudhatul athfal (RA), Madrasah ibtidaiyah (MI), madrasah tsanawiyah (MTS), Madrasah aliyah (MA) serta pondok pesantren. Lembaga Pendidikan islami dalam masyarakat dipandang sebagai lembaga yang dapat menghasilkan lulusan generasi yang mempunyai ilmu serta berakhlak. Dalam Lembaga Pendidikan keagamaan juga memiliki system pengajaran berupa hubungan spiritual yang kuat antara guru dan murid. Salah satu bentuk hubungan spiritual diantara guru dan murid yaitu dengan adanya tradisi melakukan ziarah ke makam masayikh atau guru dan pendiri yang telah meninggal. Tradisi ini selalu dilakukan setiap tahun yang disebut haul. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui nilai sakralitas agama yang terdapat dalam tradisi ziarah makam masayikh yang ada di Yayasan riyadlotut thalabah sedan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori sakralitas agama emil Durkheim. Penelitian ini menggunakan metode studi kepustakaan dan wawancara dengan memakai pendekatan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tradisi ziarah ke makam masayikh terdapat nilai sacral dan profan terlihat dari sebelum berangkat ke makam dan setelah berada dimakam merepa khusuk berdoa dan meninggalkan bahasan dunia serta tetap dilaksanakannya ziarah sebagai bentuk penghromatan dengan mendoakan sehingga membentuk moralitas anggota Yayasan yang menghargai jasa para masayikh yang telah mendirikan Yayasan.

References

Ahmad, S. SAKRALITAS PATUNG “TUAN MA” PADA MASYARAKAT KATOLIK DI LARANTUKA KABUPATEN FLORES TIMUR (Bachelor's thesis).

Biografi Durkheim, dapat dilihat pada Harry Alpert, Emile Durkheim and His Sociologiy, [New York: Colombia Univercity Press, 1939] bagian I. Biografi Durkheim ini sebagian merujuk kepada Talcott Parsons, “Kehidupan dan Karya Emile Durkheim, dalam Emile Durkheim, Sosiologi dan Filsafat, xiii –xiv, sebagaian lagi merujuk pada Daniel L. Seven Theories of Religion, [New York: Oxford University Press, 1996), hlm. 91-92.

Johannes Supriyono, Paradigma Kultural Masyarakat Durkheimian, ed. Mudji Sutrisno dan Hendar Putranto, Teori-Teori Kebudayaan, (Yogyakarta: Kanisius, 2005) 89

Kamaludin, I., & Suheri, S. (2021). FENOMENA CROSS HIJAB DAN PENGARUHNYA TERHADAP PERGESERAN SAKRALITAS KEAGAMAAN DI MASYARAKAT. Jurnal Sosiologi Reflektif, 15(2), 338-359.

Kamiruddin. (n.d.). sakralitas, resistensi, dan pembangunan. jurnal toleransi:media komunikasi beragama, 17.

Emile Durkheim, Sejarah Agama, terj. Inyiak Ridhwan Muzir, (Ircisod, Yogyakarta, 2003).

Saikuddin, A. (2022). TRADISI ZIARAH MAKAM SYEKH AL-BADAWI DI DESA DUKUHTENGAH BREBES PERSPEKTIF SAKRALITAS EMILE DURKHEIM. An-natiq Jurnal Kajian Islam Interdisipliner, 2(1).

Sopacoly, M. M., Lattu, I. Y., & Timo, E. I. N. (2019). Sakralitas Waruga: Situs Suci Dan Identitas Kultural Masyarakat Minahasa. FIKRAH, 7(2), 217-242.

Widyaningsih, R., & Hanif, M. A. (2017). Tradisi Ziarah Makam Masyayikh Pondok Pesantren Al Hikmah 2 (Teori Sakralitas Agama Emile Durkheim). Jurnal Living Hadis, 2(1), 1-17.

Downloads

Published

2023-09-01