INSTAGRAM SEBAGAI MEDIA BERDRAMATURGI DALAM MEMBENTUK SELF-IMAGE VIRTUAL (STUDI PADA REMAJA PENGGUNA INSTAGRAM DI KECAMATAN SEDAN)

Authors

  • Khuzaimah Khuzaimah S1 Sosiologi Universitas Negeri Surabaya Surabaya, Indonesia
  • Sugeng Harianto S1 Sosiologi Universitas Negeri Surabaya Surabaya, Indonesia

Keywords:

dramaturgi, self image, instagram

Abstract

Kecanggihan teknologi membuat berkembangnya berbagai aplikasi media social seperti Instagram.  Tersedianya berbagai fitur membuat Instagram tidak hanya sebagai media komunikasi namun juga digunakan oleh remaja dalam membentuk self image virtual. Fenomena tersebut membuat penelti tertarik untuk melakukan riset tentang Instagram sebagai media berdramaturgi dalam membentuk self image virtual.  Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui panggung depan, panggung belakang, serta bagaimana media sosial instagram digunakan oleh remaja di Kecamatan Sedan dalam membentuk self image virtual. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode kualitatif. Data didapatkan dari hasil wawancara dan juga studi literatur. Data yang didapatkan kemudian dianalisis dengan menggunakan teknik analisis miles and huberman. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori dramaturgi dari Erving Goffman. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa intstagram pada remaja di Kecamatan Sedan digunakan untuk berdramaturgi dalam membentuk self image virtual. Hal ini dapat dilihat dari panggung depan mereka yang selalu menampilkan foto terbaik untuk membranding dirinya serta mendapatkan kesan baik dari para pengikutnya. Selain itu, panggung belakang dari penggunaan Instagram dapat dilihat dari perbedaan  kehidupan  nyata mereka dengan apa yang ada di Instagram serta  mereka tidak ingin pengikutnya mengetahui apa yang menjadi panggung belakang mereka seperti perjuangan dibalik mereka menampilkan yang terlihat di Instagram.

References

Amanda, D. (2019). Penggunaan media sosial pada ibu rumah tangga dalam tinjauan teori dramaturgi di kota surabaya.

Aulia, I. M., & Sugandi, M. S. (2020). Pengelolaan Kesan Roleplayer K-Pop Melalui Media Sosial Twitter (Studi Dramaturgi Pada Akun Twitter Fandom Di Kota Bandung). 17(1), 75–84.

Dwiriyanto, A. (2022). Data digital indonesia tahun 2022. kompasiana.com:https://www.kompasiana.com/andidwiriyanto/620fe14651d76471ad402f76/data-digital-indonesia-tahun-2022?page=2&page_images=1

Iksandy, D. Y. (2022). DRAMATURGI PENGGUNA SECOND ACCOUNT DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM. SOURCE. 8(1), 24–29.

Kertamukti, R. (2015). Instagram dan pembentukan citra (Studi kualitatif komunikasi visual dalam pembentukan personal karakter account instagram@ basukibtp). 8(1).

Mutia, T. (2017). Generasi Milenial, Instagram Dan Dramaturgi: Suatu Fenomena Dalam Pengelolaan Kesan Ditinjau Dari Perspektif Komunikasi Islam. 41(2), 240–251.

Pebriani, D. (2021). Citra Diri dan Media Sosial Kajian Teori Dramaturgi Tentang Tindakan Mahasiswa dalam Menggunakan Instagram (Studi Kasus pada Mahasiswa FISIP USU).

Pradhana, T. A. (2019). Self Presenting pada Media Sosial Instagram dalam Tinjauan Teori Dramaturgi Erving Goffman: Studi pada Mahasiswa UIN Sunan Ampel Surabaya (Doctoral dissertation, UIN Sunan Ampel Surabaya).

Sulfikar, A. (2011). Menguak Rahasia Pencitraan dengan Teori Dramaturgi. Http://sulfikar.com/menguak-rahasia-pencitraan-dengan-teori dramaturgi.html#more921.

Ulfah, R., Ratnamulyani, I. A., & Fitriah, M. (2017). FENOMENA PENGGUNAAN FOTO OUTFIT OF THE DAY DI INSTGRAM SEBAGAI MEDIA PRESENTASI DIRI (Suatu Kajian Komunikasi Dalam Pendekatan Dramaturgi Erving Goffman). JURNAL KOMUNIKATIO, 2(1). https://doi.org/10.30997/jk.v2i1.193

Downloads

Published

2023-09-01