PERILAKU HIJRAH MANTAN PREMAN (STUDI KASUS KERUNG-KERUNG KOTA MAKASSAR)

Authors

  • Risma Ardianti Jurusan Pendidikan Sosiologi Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar Makassar, Indonesia
  • Darman Manda Jurusan Pendidikan Sosiologi Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar Makassar, Indonesia
  • Muhammad Syukur Jurusan Pendidikan Sosiologi Pasca Sarjana Universitas Negeri Makassar Makassar, Indonesia

Keywords:

Perilaku, Hijrah, Mantan Preman

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengentahui faktor penyebab mantan preman memutuskan berhijrah di Kerung-Kerung Kota Makassar. (2)Untuk mengetahui perilaku keagamaan mantan preman setelah berhijrah di Kerung-Kerung Kota Makassar. (3) Untuk mengetahui dampak positif yang dirasakan mantan preman setelah berhijrah di Kerung-Kerung Kota Makassar. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Objek dalam penelitian ini adalah mantan preman yang merupakan warga Kerung-Kerung Kota Makassar, telah berhijrah minimal tiga tahun, pernah melakukan tindakan kejahatan seperti pecurian, pemalakan, pemerasan dan pernah masuk dalam sel tahanan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) faktor yang menyebabkan mantan preman untuk berhijrah terbagi menjadi dua, faktor intenal seperti pengaruh kesadaran dan keyakinan dari mantan preman sehingga timbul keinginan untuk berhijrah. Sedangkan faktor eksternal yaitu, pengaruh adanya Masjid Jami Kerung-Kerung Kota Makassar, ajakan dari jamaah tablig dan pengaruh lingkungan keluarga.(2) Perilaku keagamaan mantan preman setelah berhijrah terbagi menjadi dua yaitu melihat hubungan mantan preman dengan tuhan seperti, membiasakan dirinya untuk rutin menjalankan ibadah wajib dan sunnah setiap hari serta memperdalam ilmu agama. Sedangkan perilaku mantan preman dalam kehidupan sehari-hari (sosial) dilihat dari menjalin silaturahmi, dengan mengunjungi setiap rumah untuk menyampaikan pengetahuan agama, menumbuhkan sikap saling membantu dan saling menghargai antar sesama. (3) Dampak positif yang dirasakan mantan preman setelah memutuskan untuk berhijrah ialah, menjadi seorang pendakwah dan mencari pekerjaan yang halal.

References

Ardhyansa, N. 2018. Sikap Masyarakat terhadap Mantan Narapidana Di Kampung Gaten Dusun Dabag Desa Condong Catur Kecamatan Depol Kabupaten Sleman Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Ilmu Hukum.

Basri, B. (2017). Tinjauan Kriminologis Terhadap Kejahatan Penganiayaan yang dilakukan Oleh Preman di Kabupaten Pangkep. Jurnal Substanstia Ar-Rainy, 14 No 1, 26.

Darmadi, H. 2014. Metodologi Penelitian Pendidikan dan Sosial (1st ed.). Alfabeta.

Estu Putri, L. W. 2015. Representasi Perjalanan Taubat Dalam Sinetron Preman Pensiun II. Jurnal Dakwah Komunikasi Penyiaran Islam.

Fadly, M.2014. Aku Ingin Hijrah. PT Rajawali Press.

Fitriani, & Setiawan, I. 2018. Hidup Hanya Sekali, Hiduplah yang Berarti (Sebuah Studi Kualitatif Pengalam Tobat pada Mantan Preman Relawan Lembaga Sosial). Jurnal Psikologi, Universitas Diponegoro, 7.

Jalauddin. 2016. Psikologi Agama (Cet. XVII). Rajawali Pers.

Maidin, S. 2020. Metode Dakwah Jamaah Tablig Di Kerung-Kerung Kota Makassar. Jurnal Dakwah Komunikasi Penyiaran Islam, 21 No 1.

Moleong, & Lexy, J. 2010. Metodologi Penelitian Kualitatif. Remaja Rosdakarya.

Murwalistyo, J. A. 2016. Preman Tobat (Studi Kualitatif Mantan Preman di Pondok Pesantren Istigfar). Jurnal Empati Ilmu Kesjahteraan Sosial, 5 No.4.

Mustakim & Ahmadi. 2021. Penguatan Religius Masyarakat Purwoasari, Pacitan, Jawa Timur di Masa Pandemi. Jurnal Studi Agama-Agama Dan Lintas Budaya, 1.

Ritzer, G. 2001. Sosiologi ilmu berparadigma ganda. Jakarta PT Rajawali Press.

Sadli, S. 1997. Presepsi Sosial Mengenai Perilaku Menyimpang. Bulan Bintang.

Santoso, T., & Zulfa, E. A. 2015. Kriminologi. Rajawali Pers.

Sayidatun, L. S. 2012. Perilaku Keagamaan Maysarakat di Desa Sukoharjo. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 7 No 2.

Shay, s, U. M. 2016. Hijrah According to the islamic state. Jurnal Of Sociology.

Sutopo, H. B. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif Teori dan Aplikasinya dalam Penelitian. Sebelas Maret University Press.

Usman, R., & Abdi. 2009. Metodologi Penelitian Sosial dan Ekonomi. Alfabeta.

Downloads

Published

2023-09-25