SENI BELA DIRI PENCAK SILAT SEBAGAI FILTER ASIMILASI (STUDI KASUS KECAMATAN PICUNG, KABUPATEN PANDEGLANG)

Authors

  • Amelia Wahyu Destiana Jurusan Pendidikan Sosiologi Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Agung Fauzi STISIP Banten Raya Serang, Indonesia

Keywords:

Pencak Silat, Filter Asimilasi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk memberikan informasi, gambaran dan pengetahuan yang mendalam bagi pendidik, peserta didik dan masyarakat umum terkait seni bela diri pencak silat dapat dijadikan sebagai filter asimilasi. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif, dengan teknik pengumpulan data primer berupa observasi dan wawancara sedangkan pengumpulan data sekunder dengan menggunakan ebook, karya tulis ilmiah dan sumber data yang relevan lainnya. Teknik yang digunakan untuk memilih informan ialah purposive sampling, dengan informan masyarakat yang tergabung kedalam seni bela diri pencak silat dan beberapa masyarakat yang tinggal di sekitar Kampung Samapun (bukan anggota seni bela diri pencak silat). Hasil penelitian menunjukkan bahwa seni bela diri pencak silat di Kampung Samapun, Desa Cililitan, Kecamatan Picung, Kabupaten Pandeglang dapat dijadikan sebagai filter asimilasi yang saat ini sedang berkembang.

References

Danial, D. W. 2020. Kearifan Lokal Sebagai Filter dari Globalisasi (Studi pada Kearifan Lokal Budaya Pencak Silat di Desa Pasirkarag Kecamatan Koroncong Kabupaten Pandeglang). Jurnal Hermeneutika. Vol 6, No 2, 2020

Dhobari, T. R. 2006. Sodiologi. Jakarta: Yudhistira Ghalia Indonesia

Ediyo, S. & Widodo S.T. 2019. Memahami Makna Seni dalam Pencak Silat. Jurnal Panggung. Vol 29, No 3, 2019

Kominfo. 19 Februari 2019. Apa Itu Industri 4.0 dan Bagaimana Indonesia Menyongsongnya, hlm. 1

Kumaidah, E. 2012. Penguatan Eksistensi Bangsa Melalui Seni Bela Diri Tradisional Pencak Silat. Jurnal Humanika. Vol 16, No 9,

Lindawati, Y. I. 2019. Faktor Penyebab Di Desa Tradisional Nyangkringan. Jurnal Hermeneutika. Vol 5, No 1,

Rachman, Junita Budi., dkk. 2021. Sosialisasi pelestarian pencak silat sebagai warisan budaya dan soft power Indonesia. Jurnal Transformasi. Vol 17, No 2,

Riyani, M. 2022. Isu Sosial yang Berserak; Perspektif (Filsafat) Pendidikan IPS. Yogyakarta: Deepublish

Sobian, P. 2022. Pengantar Antropologi. Jawa Tengah: Lakeisha

Sulistiana, P. & Setiawan, R. 2022. Analisis Model Pembelajaran Project Based Learning Dalam Perspektif Sosiologi Pendidikan. Jurnal Pendidikan Sosiologi UNDIKSHA. Vol 4, No 1, 2022

Wijayanti, Lucky. 2019. Utilization of Technology in Craft Arts on Industrial Revolution 4.0 era. Jurnal Sandyakala: Prosiding Seminar Nasional Seni, Kriya dan Design. Vol 1, 2019

Downloads

Published

2024-01-25