PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN SOSIOLOGI KELAS XI IPS 4 DI SMAN 9 MALANG

Authors

  • Annisa Fathin Dianah PPG Prajabatan Jurusan Sosiologi Universitas Negeri Malang Malang, Indonesia
  • Panjilmo Putro PPG Prajabatan Jurusan Sosiologi Universitas Negeri Malang Malang, Indonesia
  • Jenny Nurvia Rahmadhani PPG Prajabatan Jurusan Sosiologi Universitas Negeri Malang Malang, Indonesia

Keywords:

Problem Based Learning, Keaktifan Belajar, Motivasi Belajar, Sosiologi, Penelitian Tindakan Kelas

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di kelas XI IPS 4 SMAN 9 Malang dengan menggunakan model pembelajaran Problem Based Learning. Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas kolaboratif yang dirancang dalam dua siklus yang terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas XI IPS 4 Semester II tahun pelajaran 2022/2023 yang berjumlah 36 orang. Objek penelitian adalah hasil peningkatan keaktifan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi setelah penerapan model Problem Based Learning. Data penelitian adalah hasil lembar observasi mengenai keaktifan dan motivasi belajar siswa. Data selanjutnya dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan model Problem Based Learning pada mata pelajaran Sosiologi dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa. Hal ini dapat dilihat dari keaktifan siswa dari siklus I sebesar 78,82% meningkat pada siklus II sebesar 93,26%. Motivasi belajar siswa pada siklus I sebesar 53,45% meningkat pada siklus II sebesar 91,49%. Terbukti Bahwa model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan keaktifan dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi.

References

Amir, M. . (2013). Inovasi pendidikan melalui problem based learning. Kencana Prenada Media Group.

Arikunto, S. (2013). Prosedur penelitian: Suatu pendekatan praktik. Rineka Cipta.

Djunaedy, R. P. (2020). Penerapan Pembelajaran Online dengan Model Problem Based Learning untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Matematika Siswa Kelas XI MM 3 SMKN 5 Malang. Laplace : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(2), 95–108. https://doi.org/10.31537/laplace.v3i2.37Mulyasa. (2008). Standar Kompetensi dan Sertifikasi Guru. Rosda.

Nurrohim, N., Suyoto, S., & Anjarini, T. (2022). Peningkatan Keaktifan Siswa Melalui Model Problem Based Learning Pada Mata Pelajaran Pkn Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri. SITTAH: Journal of Primary Education, 3(1), 60–75. https://doi.org/10.30762/sittah.v3i1.157

Pratama, R. A. (2019). Meningkatkan motivasi dan prestasi belajar siswa di SMK Negeri 6 Malang menggunakan metode problem based learning berbasis e-learning dengan menggunakan media netsuport. Universitas Negeri Malang.

Rusman. (2014). Model-model pembelajaran: mengembangkan profesionalisme guru. Rajawali Pres.

Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. PT Remaja Rosdakarya.

Uno, H. B. (2008). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Bumi Aksara.

Downloads

Published

2024-01-25