PERAN OSIS DALAM KEGIATAN SOSIAL KEAGAMAAN (Studi Kasus: di Madrasah Aliyah Syamsul Huda, Desa Tegal Linnggah, Sukasada, Buleleng, Bali)

Authors

  • Abdul Haq Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Tuty Maryati Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Gusti Made Arya Sutha Wirawan Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v2i1.28046

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui (1) Mengapa OSIS Madrasah Aliyah Syamsul Huda terjun ikut berperan, (2) bentuk dan Implementasi kegiatan sosial keagamaan (3) implikasi kegiatan sosial keagamaan oleh OSIS Madrasah Aliyah Syamsul Huda. Metode yang digunakan dalam penelitian ini ialah metode kualitatif. Subjek penelitian ini adalah OSIS Madrasah Aliyah Syamsul Huda terjun ikut berperan dalam kegiatan sosial keagamaan. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, teknik observasi langsung, wawancara, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) OSIS Madrasah Aliyah Syamsul Huda terjun ikut berperan berbagai kegiatan sosial keagamaan di dalam ataupun di luar sekolah, (2) bentuk dan implementasi kegiatan sosial keagamaan apa yang dilakukan oleh OSIS Madrasah Aliyah Syamsul Huda pengabdian yang di maksud tugas dan kewajiban hamba sebagai abdi Allah, abdi masyarakat, tugas dan kewajiban seorang mukmin (3) implikasi kegiatan sosial keagamaan mampu mengurangi dampak negatif dalam kegiatan sehari-harinya serta meningkatkan hidup saling memahami.
Kata Kunci: Osis, Implementasi dan Kegiatan sosial keagamaan.

References

Daftar Pustaka

Bungin Burhan. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Hasbullah.2012. Dasar-Dasar Ilmu Pendidikan.Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

Komala Rita. Organisasi Siswa Intra Sekolah dikutip di Https://www.google.co.id/amp/s/falahyu.wordpress.com/2008/07/15/Organisasi-siswa-intra-sekolah-osis/amp/(diaksespada tanggal 10 november 2018.

Sa’diyah Iis Durotus. 2016. Solidaritas Social Masyrakat Kuningan di Yogyakarta.dikutp diHttp://Digilib.Uin-Suka.Ac.Id/22017/1/11540054_Bab-I_Iv-Atau-V_Daftar-Pustaka.Pdfd(di akses pada tanggal 20 Maret 2018)

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.Sukmadinata Nana Syaodih. 2009. Metodelogi Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya. Sulaiman. 2013. Islam Aboge: Pelestarian Nilai-nilai Agama di Tengah Perubahan Sosial Analisa Jurnal Pengajian Masalah Sosial Keagamaan Vol. 20, No. 01, Juni 2013 : Semarang. Balai Penelitian dan Pengembangan Agama Semarang.

Sulistiyani, Irma. 2017. Penanaman Nilai-nilai Religius Melalui Kegiatan Keagamaan Pada Siswa di SMP PGRI I Sempor Kebumen.Purwokerto: FAKULTAS TARBIYAH DAN ILMU KEHURUAN IAIN. (artikel tidak diterbitkan).

Downloads

Published

2020-09-23