Interaksi Antara Kaum Muhammadiyah dan Kaum Nahdatul Ulama di Kelurahan Seririt, Buleleng, Bali (Diferensiasi Sosial dan Pemanfaatan sebagai Sumber Pembelajaran Sosiologi di SMA Berbasis Kurikulum 2013)

Authors

  • Didin Samsul Maarif Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Wayan Mudana Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Hardiman Hardiman Program Studi Pendidikan Sosiologi, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jpsu.v2i2.28054

Abstract

ABSTRAK
Interaksi antara manusia sejatinya selalu berubah-ubah, hal ini di pengaruhi oleh individu, kelompok, zaman, maupun yang lainnya. Tujuan utama penelitian ini adalah( 1) mendiskripsikan terjadi diferensiasi sosial perbedaan tradisi agama pada Kaum Muhammadiyah dan Kaum Nahdatul Ulama sebagai mana tercermin pemilihan tempat ibadah untuk melakukan sholat lima waktu, (2) mendiskripsikan dampak diferensiasi sosial yang terjadi akibat konflik sosial antara Kaum Muhammadiyah dan Kaum Nahdatul Ulama bagi masyarakat Kelurahan Seririt, (3) mendiskripsikan Aspek-aspek yang terkandung dari konflik sosial antara Kaum Muhammadiyah dan Kaum Nahdatul Ulama yang berpotensi menjadi bahan ajar pada materi pelajaran Sosiologi di jenjang SMA. Dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tahapan-tahapan pengumpulan data yakni (1) purposive sampling dan snowboll sampling, (2) observasi partisifatif, (3) in-depth interviewing, (4) studi dokumen. Hasil penelitian dari rumusan masalah pertama.1) Perbedaan Dalam Hal Furuiyah (Perbedaan Ibadah) dan Khilafiyah (Perbedaan Pendapat),2) Konflik Di Masa Lampau, 3) Lahan Yang Sudah Tidak Cukup Menampung Masyarakat Muslim Secara Keseluruhan. Hasil Penelitian dari rumusan masalah kedua, 1) Dalam Aspek Ekonomi, 2) Dalam Aspek Sosial, 3) Dalam Aspek Agama. Dan rumusan masalah ketiga, 1) Nilai religius, 2) Nilai toleran, 3) Niali bersahabat atau komunikatif,4) Nilai kerja keras, 5) Nilai peduli sosial dan tanggung jawab.
Kata Kunci : Interaksi anatara Muhammadiyah dan Nahdatul Ulama di Kelurahan Seririt, masyarakat, sumber pembelajaran

References

DAFTAR RUJUKAN

Elly M. Setiadi dan Usma Kolip. 2011. Pengantar Sosiologi (Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial : teori, aplikasi, dan pemecahannya). (Jakarta ; Kencana Perdana Media Group, 2011).

Koentjaraningrat. 1990. Beberapa Pokok Antropologi Sosial. Jakarta : Dian RakyatKoentjaraningrat. 2005. Pengantar Antropologi. Jakarta : PT. Rineka Cipta.

Martono, Nanang. 2014. Sosiologi Perubahan Sosial: Edisi Revisi (PerspektifKlasik, Modern, Posmodern dan Poskolonial). Jakarta : Rajawali Pers.

Martono, Nanang. 2015. Metode Penelitian Sosial (Konsep-Konsep Kunci).Jakarta : Rajawali Pers.

Nasikun, 2004, Sistem Sosial Indonesia, RajaGrafindo Persada, Jakarta.

Putra, Idhamsyah Eka. dan Pitaloka Ardiningtiyas. 2012. Psikologi Prasangka ( Sebab, Dampak, dan Solusi). Jakarta: Ghalia Indonesia.Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Silabus Mata Pelajaran Sekolah Menengah Atas/Madrasah Aliyah (SMA/MA) Mata Pelajaran.Sosiologi. Jakarta : Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Downloads

Published

2020-09-23