FILM DOKUMENTER PTI : RUMAHKU (SEBUAH CATATAN, SEBUAH KISAH)

Authors

  • I Gusti Ngurah Agung Pramasurya Dwi Septian Pendidikan Teknik Informatika Fakultas Teknik dan Kejuruan Universitas Pendidikan Ganesha
  • Gede Saindra Santyadiputra Pendidikan Teknik Informatika Undiksha
  • I Made Agus Wirawan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.10564

Abstract

Penelitian ini bertujuan: (1) Untuk menghasilkan rancangan dan mengimplementasikan film dokumenter PTI : Rumahku (Sebuah Catatan, Sebuah Kisah), (2) Untuk mengetahui respon dari mahasiswa PTI mengenai film dokumenter PTI : Rumahku (Sebuah Catatan, Sebuah Kisah).

Metode penelitian yang digunakan pada film dokumenter PTI : Rumahku (Sebuah Catatan, Sebuah Kisah) adalah Research and Development dengan model cyclic strategy. Yang menjadi subjek penelitian adalah sejarah dan perkembangan jurusan Pendidikan Teknik Informatika Undiksha Singaraja.

Hasil yang diperoleh dari uji ahli isi adalah isi dari film dokumenter PTI : Rumahku (Sebuah Catatan, Sebuah Kisah) adalah sudah sesuai dengan sejarah dan perkembangan dari jurusan Pendidikan Teknik Informatika. Kemudian untuk uji ahli media diperoleh hasil bahwa film dokumenter PTI : Rumahku (Sebuah Catatan, Sebuah Kisah) sudah sesuai dengan kaidah sinematografi. Sedangkan dari uji respon penonton disebar ke 40 responden. Berdasarkan data uji responden yang telah dilakukan, didapatkan hasil rata-rata presentase yaitu 91,6% dengan tingkat pencapaian sangat baik. Kesimpulan yang didapatkan yaitu film dokumenter PTI : Rumahku (Sebuah Catatan, Sebuah Kisah) sudah sangat baik dan bisa digunakan sebagai media pemberi inspirasi dan promosi jurusan.

Kata kunci: Film Dokumenter, Pendidikan Teknik Informatika, promosi, inspirasi, cyclic strategy.

Downloads

Published

2017-07-31