PENGEMBANGAN FILM PEMBELAJARAN ILMU PENGETAHUAN ALAM UNTUK SEKOLAH DASAR (Studi Kasus : Kelas 5 SD No. 7 Benoa)

Authors

  • Ria Hartini
  • Gede Saindra Santyadiputra Pendidikan Teknik Informatika Undiksha
  • Gede Aditra Pradnyana Pendidikan Teknik Informatika Undiksha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.10733

Abstract

Abstrak - Penelitian ini bertujuan untuk (1) menghasilkan rancangan dan mengimplementasikan film pembelajaran ilmu pengetahuan alam untuk kelas 5 SD No. 7 Benoa ; (2) mengetahui respon guru dan siswa kelas 5 terhadap film pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) untuk Kelas 5 Sekolah Dasar No.7 Benoa. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan model ADDIE. Penelitian ini melibatkan siswa Kelas 5 Sekolah Dasar  No. 7 Benoa. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara wawancara, angket, dan dokumentasi. Hasil penelitian dan pengembangan menunjukkan bahwa ilmu pengetahuan alam dalam kriteria sangat baik. Hasil yang diperoleh berdasarkan analisis uji ahli isi, uji ahli desain, dan uji ahli media. Berdasarkan pengujian pada tahap implementasi yaitu uji individu, uji kelompok kecil dan uji lapangan yang dibagi menjadi 2 tahapan yaitu tahap pretetst dan posttest menunjukan bahwa hasil yang dapatkan siswa sudah diatas KKM. Respon guru menyatakan film pembelajaran ilmu pengetahuan alam masuk dalam kreteria sangat baik.  Sedangkan rata-rata respon siswa menyatakan film pembelajaran IPA Kelas 5 masuk dalam kriteria sangat baik. Berdasarkan analisis dari 41 siswa diketahui 31 siswa menyatakan film pembelajaran ilmu pengetahuan alam masuk dalam kriteria sangat baik dan 10 siswa menyatakan film pembelajaran ilmu pengetahuan alam masuk dalam kriteria baik. Kesimpulan yang didapat yaitu sudah berhasil mengembangkan Film Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5 Sekolah Dasar No. 7 Benoa dan sudah berhasil mendeskripsikan respon guru dan siswa terhadap pengembangan Film Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Alam Kelas 5 Sekolah Dasar No. 7 Benoa.

Downloads

Published

2017-07-30