KETERAMPILAN GURU DALAM MENGELOLA KELAS PADA PEMBELAJARAN PRAKARYA DAN KEWIRAUSAHAAN DI SMA NEGERI 1 SINGARAJA

Authors

  • lidya suky parwathi Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Nyoman Santiyadnya Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha
  • Agus Adiarta Fakultas Teknik dan Kejuruan, Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11106

Abstract

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola kelas pada pembelajaran prakarya dan kewirausahaan yang berkaiatan dengan penciptaan, pemeliharaan dan pengembalian kondisi belajar yang optimal serta hambatan dalam mengelola kelas. Metode penelitian yang digunakan, yaitu kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah tiga orang guru mata pelajaran prakarya dan kewirausahaan di SMA Negeri 1 Singaraja. Teknik pengumpulan data yang digunakan, yaitu studi dokumentasi, wawancara terbuka dan observasi. Berdasarkan analisis data, didapatkan hasil sebagai berikut. 1) Guru yang mengajar prakarya dan kewirausahaan baik guru A, guru B dan guru C sudah memenuhi keenam variabel pengelolaan kelas efektif. Guru A dan guru C sudah memenuhi 100% dari pengelolaan kelas efektif sedangankan guru B sudah memenuhi 83%. Jadi guru prakarya dan kewirausahaan di SMA Negeri 1 Singaraja sudah memenuhi 94% dari pengelolaan kelas efektif. 2) Hambatan guru dalam mengelola kelas pada pembelajran prakarya dan kewirausahaan, yaitu tidak adanya ruang praktikum, kurangnya adanya media dalam pembelajaran, jumlah siswa dalam kelas, jam pelajaran yang berlangsung pada siang hari, banyaknya tugas di pelajaran prakarya dan kewirausahaan dan di pelajaran lain serta alokasi waktu yang sedikit dalam pembelajaran. Saran untuk penelitian selanjutnya sebaiknya dilakukan dengan menggali informasi dari teman sejawat guru yang diteliti dan siswa. Hal ini dilakukan untuk meyakinkan bahwa yang diamati oleh peneliti sesuai dengan apa yang terjadi sebenarnya.

Downloads

Published

2017-07-31