PENGEMBANGAN SOP BERBASIS INFOGRAFIS JENIS – JENIS PENELITIAN UNTUK PERKULIAHAN METODOLOGI PENELITIAN PENDIDIKAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i1.12288Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengimplementasikan hasil rancangan video SOP Jenis-Jenis Penelitian Untuk Perkuliahan Metodologi Penelitian Berbasis Animasi Infografis. Pengembangan video ini bertujuan untuk memberikan informasi seputar Standard Operating Procedure (SOP) Penelitian kepada semua civitas akademika yang ingin / sedang mempelajari metodologi penelitian pendidikan. Metode yang digunakan adalah penelitian dan pengembangan (research and development), untuk mengembangkan Jenis – Jenis Penelitian Untuk Perkuliahan Metodologi Penelitian Berbasis Animasi Infografis. Model yang digunakan dalam membangun teknologi ini adalah dengan mengadopsi Model ADDIE. Adapun tahapan dalam model ADDIE ini adalah Analysis (analisis), Design (desain), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Hasil dari model ADDIE adalah pada tahap analisis dilakukan analisis masalah dan soluse, kemudian pada tahap desain dilakukan perancangan storyboard, karakter dan layout, pada tahap development dilakukan perekaman, modeling karakter, texturing, rigging,animation dan rendering dan dilanjutkan dengan tahap editing, kemudian tahap implementasi dilakukan pengujian ahli isi, media dan uji lapangan dan terakhir pada tahap evaluasi dilakukan pada setiap tahapan pengembangan. Dari tahapan pengembangan hasil akhir dari proyek ini adalah berupa video animasi yang berisikan tentang beberapa Standard Operating Procedure (SOP) yang telah di pilih untuk di buatkan video animasi. Video animasi ini mampu menampilkan animasi dalam 2 dimensi. Video animasi ini juga bisa di jadikan sebagai media untuk penyampaian informasi menjadi lebih menarik.
Kata kunci: Standard Operating Procedure (SOP) Metodologi Penelitian, Video, Animasi Infografis, Animasi 2 Dimensi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)