ANALISA IMPLEMENTASI E-SCM PADA MODEL BISNIS DISTRIBUTION OUTLET (DISTRO)

Authors

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v15i1.12739

Abstract

Distribution outlet (distro) merupakan salah satu jenis UMKM yang ada di Indonesia. Dalam pengelolaannya dari proses pengadaan bahan baku, produksi sampai transaksi penjualan umumnya masih menggunakan sistem konvensional. Sistem konvensional tersebut menyebabkan pengelola distro tidak dapat memonitor secara real time pergerakan omset penjualannya. Penelitian ini dimulai dengan pengumpulan data primer dan sekunder. Data yang telah dikumpulkan dianalisis, kemudian dilakukan implementasi menggunakan dua perangkat lunak.   Perangkat lunak yang digunakan dalam implementasi adalah www.erzap.com (ERZAP) oleh Z4Comp.com dan www.tradegecko.com (TRADEGECKO) oleh TradeGecko Pte. Ltd. Dua perangkat lunak tersebut diuji dan dianalisis terkait ketersediaan fitur-fitur dasar dalam implementasi e-SCM. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sistem konvensional yang berjalan saat ini pada usaha distro hanya cukup untuk menangani transaksi dalam skala regional saja. Dengan mengimplementasikan suatu sistem e-SCM diharapkan dapat meningkatkan efisiensi produksi dan mengefektifkan distribusi barangnya. E-SCM dapat mengintegrasikan keseluruhan data pengelolaan distro terkait dengan manajemen rantai pasokan mulai dari hulu sampai hilir. Terdapat beberapa elemen supply chain yang tidak dimiliki oleh kedua sistem. Seperti misalnya elemen planning yang tidak ada pada ERZAP dan elemen planning dan production tidak ada pada TRADEGECKO.

 Kata kunci: supply, chain, management, distro, UMKM

Downloads

Published

2018-01-30