PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN GAYA DAN TEKANAN UNTUK SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KELAS VII
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v6i2.168Abstract
Multimedia pembelajaran merupakan komponen sistempenyampaian pengajaran yang dapat digunakan dalam mendukung proses pembelajaran. Pengembangan multimedia dilandasi oleh persepsi bahwa pembelajaran akan berlangsung dengan baik, efektif, dan menyenangkan jika didukung oleh media pembelajaran yang dapat menarik minat dan perhatian siswa. Oleh karena itu, pengembang perlu memahami konsep, model, prinsip, desain, dan evaluasi multimedia pembelajaran.
Salah satu produk teknologi yang dapat digunakan sebagai
inovasi dalam pembelajaran adalah komputer. Komputer sebagai salah satu produk teknologi dinilai tepat digunakan sebagai alat bantu pengajaran. Keberadaan komputer yang telah meluas sampai tingkat sekolah menengah saat ini belum banyak digunakan untuk meningkatkan prestasi khususnya dalam pembelajaran Fisika.
Dalam pembelajaran Fisika dalam hal ini materi Gaya dan
Tekanan sangat membutuhkan pemahaman yang tinggi dari siswa. Sehingga perlu dibantu oleh suatu media pembelajaran yang didesain menarik dan dilengkapi dengan animasi, audio, maupun video sehingga proses pembelajaran akan berjalan dengan suasana baik dan tidak membosankan. Media pembelajaran gaya dan tekanan ini dikembangkan menggunakan perangkat lunak Macromedia Flash.
Kata-kata Kunci : Media Pembelajaran, Gaya dan Tekanan, Multimedia dan Macromedia Flash
Downloads
Issue
Section
JPTK
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)