EVALUASI USABILITY PADA SISTEM INFORMASI PERMOHONAN KENDARAAN DINAS (SIMONAS) PT. PLN (PERSERO) UNIT INDUK DISTRIBUSI BALI UP3 BALI UTARA SESUAI ISO 9241-11 DAN EIGHT GOLDEN RULES

Authors

  • Rizki Puji Amini Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Ardwi Pradnyana Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha
  • I Made Agus Wirawan Program Studi Pendidikan Teknik Informatika Universitas Pendidikan Ganesha

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v16i1.17062

Abstract

SIMONAS atau Sistem Informasi Permohonan Kendaraan Dinas adalah layanan untuk mengelola peminjaman mobil dinas di PT PLN (persero) Unit Induk Distribusi Bali UP3 Bali Utara. SIMONAS perlu dilakukan suatu evaluasi untuk mengetahui tingkat usability yang berguna untuk mengoptimalkan layanan. Metode evaluasi yang digunakan adalah usability testing berbasis ISO 9241-11. Kuisinoner yang digunakan untuk mengukur kepuasan dalam penelitian ini adalah kuesioner SUS. Teknik Performance Measurement dan Restropective Think Aload digunakan untuk mengukur atribut efektivitas dan efisiensi. Subjek dalam penelitian ini adalah pegawai di PT PLN (persero) Unit Induk Distribusi Bali UP3 Bali Utara. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) usability testing layanan SIMONAS memiliki tingkat efektifitas dengan rata-rata Completion rate 83,31% dalam kategori efektif, dan efisiensi diukur menggunakan persamaan time basse efficiency dan overall relative efficiency, serta tingkat kepuasan dalam kategori tingkat penerimaan pengguna masuk dalam kategori marginal, Tingkat grade skala masuk dalam kategori D, dan Adjektif rating masuk dalam kategori good.  (2) Rekomendasi perbaikan disesuaikan terhadap saran yang diperoleh dari teknik RTA dan teori  Eight Golden Rules yang dilanggar.

Downloads

Published

2019-01-30