PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIMEDIA GERAKAN DASAR TARI BALI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v6i1.18Abstract
Media sangat dibutuhkan dalam proses pembelajaran untukmembantu pencapaian tujuan pembelajaran. Salah satu muatan lokal dalam kurikulum Sekolah Menengah Pertama adalah seni tari. Pengembangan media pembelajaran berbasis multimedia ini dapat dijadikan sebagai media dalam mempelajari gerakan dasar tari Bali. Dengan demikian, dalam proses mengeksplorasi gerakan dasar tari yang tidak dibatasi oleh tempat dan waktu. Ini berarti bahwa siswa dapat belajar gerakan dasar tari Bali kapanpun dan dimanapun. Media pembelajaran yang dikembangkan tersebut dikemas dalam bentuk CD
interaktif. Media pembelajaran tersebut dapat memudahkan dalam penguasaan gerakan dasar tari Bali yang meliputi agem, tandang, dan tangkep. Dengan demikian, mempelajari gerakan dasar tari Bali dilakukan tidak hanya di sekolah atau sanggar tari, melainkan juga dapat dilakukan di rumah.
Kata kunci: media pembelajaran, multimedia, dasar tari Bali
Downloads
Published
2012-04-23
Issue
Section
JPTK
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)