ANALISIS PEMBENTUKAN KELOMPOK DISKUSI PANEL SISWA MENGGUNAKAN ALGORITMA FUZZY C-MEANS DAN K-MEANS

Authors

  • Siti Saibah Pua Luka Ilmu Komputer Pasca Undiksha Singaraja
  • I Made Candiasa Ilmu Komputer Pasca Undiksha Singaraja
  • Kadek Yota Ernanda Aryanto Ilmu Komputer Pasca Undiksha Singaraja

Abstract

Belajar kelompok di sekolah merupakan pembelajaran cooperative yang mempunyai tujuan utama agar siswa dapat bersosialisasi dan bekerjasama, terutama untuk kegiatan yang memerlukan pemecahan masalah bersama. Berdasarkan pembentukan kelompok heterogenitas, peneliti kemudian mengembangkan sebuah aplikasi pembentukan kelompok diskusi panel siswa SMK Negeri 1 Negara menggunakan algoritma terbaik dari hasil perbandingan algoritma fuzzy c-means dan k-means, yang diperoleh dengan membandingkan rasio simpangan baku di dalam cluster (sw) terhadap rasio simpangan baku antar cluster (sb). Validitas cluster optimum untuk algoritma fuzzy c-means diperoleh berdasarkan indeks Xie Beni dan algoritma k-means diperoleh berdasarkan elbow criterion, yaitu dengan menghitung Root Means Square Standar Deviation (RMSSTD) dan R-Square (RS). Komposisi anggota kelompok yang terbentuk dari algoritma dengan maksimal anggota sebanyak 5, antara lain: Pertama, kelas XII RPL 1 jumlah siswa 43 orang terbentuk 9 kelompok diskusi dimana 7 kelompok berjumlah 5 anggota dan 2 kelompok berjumlah 4 anggota. Kedua, kelas XII RPL 2 jumlah siswa 45 orang terbentuk 9 kelompok diskusi dengan komposisi masing-masing kelompok berjumlah 5 anggota. Ketiga, kelas XII RPL 3 jumlah siswa 46 orang terbentuk 10 kelompok diskusi dimana 6 kelompok berjumlah 5 anggota dan 4 kelompok berjumlah 4 anggota. Dan keempat, kelas XII RPL 4 jumlah siswa 43 orang terbentuk 9 kelompok dimana 7 kelompok berjumlah 5 anggota dan 2 kelompok berjumlah 4 anggota. Aplikasi pembentukan kelompok diskusi panel ini sangat efektif, dimana komposisi anggota kelompok yang langsung di eksport ke dalam file excel dan ditampilkan dalam bentuk grafik akan memudahkan guru menggunakan aplikasi ini dalam melaksanakan pembelajaran cooperative.

Downloads

Published

2019-07-30