PENERAPAN MODEL MASYARAKAT BELAJAR TERSTRUKTUR DALAM PERKULIAHAN PRAKTIK INSTALASI TENAGA LISTRIK JURUSAN TEKNIK ELEKTRO
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v6i2.21Abstract
Pelaksanaan mata kuliah Praktek Tenaga Listrik mahasiswajurusan D3 Teknik Elektro mengalami beberapa kendala, di antaranya
adalah tidak adanya obyek nyata dan waktu yang cukup untuk menambah
keahlian berkarya atau keterampilan mahasiswa. Selama ini pelaksanaan
praktek hanya dilakukan pada papan simulasi saja sehingga penguasaan
praktek di lapangan sangat rendah. Untuk mengantisifasi hal tersebut
maka dilakukan penelitian tindakan kelas dengan metode Masyarakat
Belajar Terstruktur (MBT) dimana metode ini adalah salah satu ciri dari
metode kontekstual. Metode MBT ini mengedepankan mekanisme
praktek mahasiswa di lapangan untuk bisa menjawab pertanyaan berupa
tugas yang diberikan pada akhir pelaksanaan praktek di kampus. Tugas
diberikan sedemikian rupa sehingga untuk menjawab pertanyaan tugas
tersebut mahasiswa harus praktek di lapangan terlebih dahulu melalui
bimbingan praktisi. PTK ini dilaksanakan dengan dua siklus. Pada siklus
II terjadi perubahan yang positif dari siklus I yaitu penguasaan
mahasiswa terhadap materi praktek instalasi tenaga listrik dengan
katagori kurang dan cukup mengalami penurunan masing masing 4,4 %
dan 8 % sedangkan katagori baik dan memuaskan terjadi peningkatan
masing-masing 8 % dan 5 % dari siklus pertama. Temuan tambahan juga
didapat oleh mahasiswa seperti timbulnya semangat kewirahusaan di
bidang elektro dan pengetahuan yang berupa soft skill yang
menimbulkan rasa percaya diri sebagai tenaga kerja yang profesional
(siap pakai di lapangan)
Kata kunci : Mahasiswa, Praktek Tenaga Listrik, dan Masyarakat Belajar
Terstruktur.
Published
2012-04-28
Issue
Section
JPTK
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)