Efektivitas Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Berbatuan Mind Map terhadap Kemampuan Pedagogik Mahasiswa Mata Kuliah Pengembangan Program Diklat

Authors

  • Putri Khoirin Nashiroh Universitas Negeri Semarang
  • Fitria Ekarini Universitas Negeri Semarang
  • Riska Dami Ristanto Universitas Negeri Semarang

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22906

Abstract

Kemampuan pedagogik merupakan kemampuan dasar yang harus dimiliki mahasiswa dalam menempuh mata kuliah Pengembangan Program Diklat. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: (1) mengetahui pengaruh dari penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind map terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa pada mata kulian Pengembangan Program Diklat; dan (2) mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind map terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa pada mata kuliah Pengembangan Program Diklat. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif dengan desain penelitian pre-eksperimental yang melibatkan 1 kelas eksperimen. Hasil rata-rata pretes adalah 50,26 dan rata-rata postes adalah 78,07. Hasil uji-t sampel berpasangan pretes-postes menghasilkan nilai Sig. sebesar 0,000 yang menunjukkan bahwa ada perbedaan rata-rata secara signifikan hasil pretes dengan postes. Persentase respon mahasiswa terhadap penerapan model pembelajaran sebesar 87,21%. Hasil Nilai N-Gain menunjukkan persentase 56%. Kesimpulan dari penelitian ini adalah ada pengaruh yang signifikan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw berbantuan mind map terhadap kemampuan pedagogik mahasiswa dengan kategori efektivitas peningkatan kemampuan pedagogik cukup efektif dan kategori respon mahasiswa sangat efektif.

Author Biographies

Putri Khoirin Nashiroh, Universitas Negeri Semarang

Department of Electrical Engineering

Fitria Ekarini, Universitas Negeri Semarang

Department of Electrical Engineering

Riska Dami Ristanto, Universitas Negeri Semarang

Department of Electrical Engineering

Downloads

Published

2020-01-31