ANALISIS KUALITAS BUTIR SOAL TIPE HOTS PADA KOMPETENSI SISTEM REM DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.22914Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kualitas dari soal tipe HOTS pada kompetensi sistem rem melalui pelaksanaan analisis butir soal. Penelitian ini merupakan penelitian evaluatif. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas XI TKRO 1 di SMKN 1 Labang Bangkalan sejumlah 32 siswa. Instrumen penelitian ini meliputi soal pilihan ganda tipe HOTS, kunci jawaban, dan lembar jawaban hasil pekerjaan siswa, yang kemudian dianalisis validitas, reliabilitas tingkat kesukaran, daya pembeda, dan efektivitas pengecoh menggunakan bantuan software Anates V4. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa dari total 50 soal pilihan ganda terdapat 80%soal yang masuk dalam kategori valid, sedangkan 20% soal masuk pada kategori tidak valid. Kemudian untuk reliabilitas mendapatkan nilai koefisien sebesar 0,917. Sementara itu soal yang masuk kategori mudah, sedang, dan sukar pada indeks tingkat kesukaran masing-masing sebesar 38%, 46%, dan 16%. Kemudian soal yang masuk kategori baik sekali, baik, cukup, buruk, dan tidak baik pada indeks daya beda masing-masing sebesar 10%, 42%, 28%, 6%, dan 14%. Selanjutnya pada indeks pengecoh soal yang masuk kriteria sangat baik, baik, kurang baik, buruk, dan sangat buruk masing-masing sebesar 28%, 29%, 19%, 17%, dan 7%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa soal tipe HOTS pada kompetensi sistem rem layak digunakan sebagai alat penilai kompetensi siswaDownloads
Published
2020-01-31
Issue
Section
JPTK
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)