OPTIMALISASI PRESTASI BELAJAR MELALUI SIKAP KEMANDIRIAN BELAJAR SISWA SMK JURUSAN MULTIMEDIA

Authors

  • Wiwit Wahyu Setyowati State University of Surabaya
  • Munoto Munoto State University of Surabaya
  • Lilik Anifah State University of Surabaya
  • Tri Rijanto State University of Surabaya
  • Lutfiyah Nurlaela State University of Surabaya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23018

Abstract

Pendidikan merupakan suatu sistem yang diciptakan untuk terlaksananya pembelajaran yang terdiri dari proses pengajaran dan belajar dengan harapan dapat mencapai tujuan pembelajaran yang telah ditetapkan. Untuk dapat mencapai tujuan tersebut dapat dilakukan upaya dengan optimalisasi pestasi belajar siswa. Pertanyaan yang diajukan yakni “apakah sikap kemandirian belajar dapat mengoptimalkan prestasi belajar siswa?” dengan tujuan untuk mengetahui apakah sikap kemandirian belajar dapat mengoptimalkan prestasi belajar ditinjau dari hasil belajar siswa. Melalui kajian literatur beberapa referensi dan penelitian yang relevan, analisa hasil penelitian, dan kemudian dilaksanakan focus group discussion. Berdasarkan hasil analisis dapat disimpulkan bahwa (1) Optimalisasi hasil belajar dapat dilakukan dengan meningkatkan kemandirian belajar siswa khususnya jurusan multimedia; (2) Adapun peningkatan kemandirian belajar siswa dapat dilakukan dengan berbagai langkah seperti perencanaan pembelajaran yang lebih mengarah pada penumbuhan sikap belajar secara mandiri baik berbantuan media atau kolaborasi metode pembelajaran yang bervariasi; (3) Dalam pelaksanaan pembelajaran untuk optimalisasi hasil belajar melalui sikap kemandirian belajar perlu mempertimbangkan berbagai hal seperti sarana prasarana serta kelengkapan pembelajaran baik pihak sekolah maupun siswa.

Downloads

Published

2020-01-31