ANALISIS RANAH PSIKOMOTOR KOMPETENSI DASAR TEKNIK PENGUKURAN TANAH KURIKULUM SMK TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23022Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan dari ranah psikomotorik kompetensi dasar teknik pengukuran tanah pada kurikulum SMK Program keahlian teknik kontruksi dan properti. Aspek psikomotorik yang digunakan berdasarkan tingkatan ranah psikomotor menurut HR Dave meliputi imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi dan naturalisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain analisis konten. Subjek penelitian ini adalah Kompetensi Dasar pada mata pelajaran Teknik pengukuran tanah kurikulum 2013 dan kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran teknik pengukuran tanah. Pada penelitian ini secara bertahap dilakukan analisis tingkat ranah psikomotorik yang terdapat dalam indikator pencapaian kompetensi masing masing kompetensi dasar. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pada Kompetensi Dasar Teknik Pengukuran Tanah SMK terkandung ranah psikomotorik dengan rincian keterampilan tingkat manipulasi sebanyak 6 (enam) kompetensi, tingkatan presisi sebanyak 2 (dua) kompetensi, dan tingkatan artikulasi sebanyak 2 (dua) kompetensi. Dari peneltian yang dilakukan dapat diketahui bahwa pada kompetensi dasar tersebut belum mengembangkan keterampilan psikomotorik pada level keterampilan kerja reflek, keterampilan yang dikembangkan hanya berdasar pada gerak untuk melakukan sesuatu yang berdasarkan petunjuk pedoman untuk diikuti.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)