ANALISIS RANAH PSIKOMOTOR KOMPETENSI DASAR TEKNIK PENGUKURAN TANAH KURIKULUM SMK TEKNIK KONSTRUKSI DAN PROPERTI

Authors

  • Muhammad Haristo Rahman Universitas Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i1.23022

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkatan dari ranah psikomotorik kompetensi dasar teknik pengukuran tanah pada kurikulum SMK Program keahlian teknik kontruksi dan properti. Aspek psikomotorik yang digunakan berdasarkan tingkatan ranah psikomotor menurut HR Dave meliputi imitasi, manipulasi, presisi, artikulasi dan naturalisasi. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan desain analisis konten. Subjek penelitian ini adalah Kompetensi Dasar pada mata pelajaran Teknik pengukuran tanah kurikulum 2013 dan kegiatan pembelajaran pada mata pelajaran teknik pengukuran tanah. Pada penelitian ini secara bertahap dilakukan analisis tingkat ranah psikomotorik yang terdapat dalam indikator pencapaian kompetensi masing masing kompetensi dasar. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa pada Kompetensi Dasar Teknik Pengukuran Tanah SMK terkandung ranah psikomotorik dengan rincian keterampilan tingkat manipulasi sebanyak 6 (enam) kompetensi, tingkatan presisi sebanyak 2 (dua) kompetensi, dan tingkatan artikulasi sebanyak 2 (dua) kompetensi. Dari peneltian yang dilakukan dapat diketahui bahwa pada kompetensi dasar tersebut belum mengembangkan keterampilan psikomotorik pada level keterampilan kerja reflek, keterampilan yang dikembangkan hanya berdasar pada gerak untuk melakukan sesuatu yang berdasarkan petunjuk pedoman untuk diikuti.

Downloads

Published

2020-01-31