HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR KELAS X TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERI 3 SOLOK SELATAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i2.24209Abstract
Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 3 Solok Selatan hasil belajar siswa pada pelajaran alat ukur masih dibawah rata-rata yaitu masih di bawah 7.00. Rendahnya hasil belajar diperkirakan karena gaya belajar dan konsep diri siswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar hubungan gaya belajar dan konsep diri baik secara sendiri-sendiri dan bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran alat ukur kelas X Teknik Otomotif SMK Negeri 3 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif korelasional yaitu penelitian yang bertujuan untuk menentukan tingkat hubungan variabel-variabel yang berbeda serta pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Penelitian ini menguji 3 hipotesis, pertama, terdapat hubungan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa, kedua, terdapat hubungan konsep diri terhadap hasil belajar siswa dan ketiga, terdapat hubungan gaya belajar dan konsep diri secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran alat ukur kelas X Teknik Otomotif SMK Negeri 3 Solok Selatan. Sampel penelitian diambil dengan teknik total sampling yang berjumlah 40 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala likert yang dimodivikasi dan telah di uji kesahihan dan kehandalannya untuk variabel bebas dan variabel terikat diperoleh dari dokumen sekolah. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi dengan taraf kepercayaan 95% pada alpha 0.05. Hasil analisis secara terpisah menunjukkan (1) Gaya belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa sebesar 53,44%, (2) Konsep diri memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa sebesar 32,83% dan (3) Gaya belajar dan Konsep diri secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa sebesar 65,40%.Downloads
Published
2020-07-31
Issue
Section
JPTK
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)