HUBUNGAN GAYA BELAJAR DAN KONSEP DIRI TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN ALAT UKUR KELAS X TEKNIK OTOMOTIF SMK NEGERI 3 SOLOK SELATAN

Zikri Zikri

Abstract


Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan di SMK Negeri 3 Solok Selatan hasil belajar siswa pada pelajaran alat ukur masih dibawah rata-rata yaitu masih di bawah 7.00. Rendahnya hasil belajar diperkirakan karena gaya belajar dan konsep diri siswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan seberapa besar hubungan gaya belajar dan konsep diri baik secara sendiri-sendiri dan bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran alat ukur kelas X Teknik Otomotif SMK Negeri 3 Solok Selatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode deskriptif korelasional yaitu penelitian yang bertujuan untuk menentukan tingkat hubungan variabel-variabel yang berbeda serta pengaruh variabel X terhadap variabel Y. Penelitian ini menguji 3 hipotesis, pertama, terdapat hubungan gaya belajar terhadap hasil belajar siswa, kedua, terdapat hubungan konsep diri terhadap hasil belajar siswa dan ketiga, terdapat hubungan gaya belajar dan konsep diri secara bersama-sama terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran alat ukur kelas X Teknik Otomotif SMK Negeri 3 Solok Selatan. Sampel penelitian diambil dengan teknik total sampling yang berjumlah 40 orang. Data dikumpulkan melalui kuesioner skala likert yang dimodivikasi dan telah di uji kesahihan dan kehandalannya untuk variabel bebas dan variabel terikat diperoleh dari dokumen sekolah. Teknik analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi dengan taraf kepercayaan 95% pada alpha 0.05. Hasil analisis secara terpisah menunjukkan (1) Gaya belajar memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa sebesar 53,44%, (2) Konsep diri memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa sebesar 32,83% dan (3) Gaya belajar dan Konsep diri secara bersama-sama memberikan kontribusi terhadap hasil belajar siswa sebesar 65,40%.

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i2.24209

Refbacks

 |  Add comment


 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan by FTK Universitas Pendidikan Ganesha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.