PENGEMBANGAN TRAINER KIT MIKROKONTROLER ATMEGA16 SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN

Authors

  • Djejen Nahrowi Department of Electrical Engineering Vocational Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Didik Aribowo Department of Electrical Engineering Vocational Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa
  • Mustofa Abi Hamid Department of Electrical Engineering Vocational Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa http://orcid.org/0000-0001-9457-7844

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i2.24366

Abstract

Lemahnya daya tarik siswa pada mata pelajaran mikrokontroler yang menyebabkan penurunan kualitas nilai dari hasil belajar yang diperoleh. Tujuan pengembangan trainer ini untuk mengetahui tingkat kelayakan trainer mikrokontroler serta  mengukur tingkat efektivitas trainer pada aspek proses pembelajaran dan hasil peningkatan belajar pada mata pelajaran mikrokontroler. Research and Development (R&D) model ADDIE digunakan dalam penelitian ini dengan sampel 22 siswa mengggunakan teknik purposive random sampling. Analisis data deskriptif kuantitatif digunakan dalam penelitian ini.  Hasil dari penelitian ini mengungkapkan bahwa hasil dari validasi media dinyatakan sangat layak dengan skor X= 81, x= 52,5 dan SBx= 10,5 sehingga skor akhir diperoleh 81>63. (2) validasi materi dengan kategori sangat layak dengan skor X= 52,5,  x= 32,5 dan SBx= 6,5 sehingga skor akhir diperoleh 50,45>48. (3) hasil penilaian angket pengguna media trainer mendapatkan hasil sangat layak dengan perolehan X= 72,  = 47,5 dan SBx= 9,5 sehingga skor akhir diperoleh 72>57.

Author Biography

Mustofa Abi Hamid, Department of Electrical Engineering Vocational Education, Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Jurusan Pendidikan Vokasional Teknik Elektro
Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)
Universitas Sultan Ageng Tirtayasa

Downloads

Published

2020-07-31