PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS LECTORA PADA PEMBELAJARAN SISTEM REM

Nurcholish Arifin Handoyono, Suparmin Suparmin, Heryanto Nugroho

Abstract


Revolusi industri 4.0 menuntut bahwa pendidikan untuk keterampilan abad ke-21 saja tidaklah cukup, tetapi harus mempertimbangkan manajemen pembelajaran dalam aspek sosial dan pembelajaran virtual. E-Modul merupakan perwujudtan dalam menjawab tantangan tersebut sebagai media pembelajaran online yang menarik dan interaktif dengan memanfaatkan teknologi untuk mengefektifkan pembelajaran. Penelitian bertujuan untuk mengembangkan e-modul berbasis lectora pada pembelajaran sistem rem. Jenis penelitian yang digunakan adalah R&D (Research and Delevopment) dengan 4 tahap (Define, Design, Develop, dan Dessiminate). Penelitian dilakukan pada siswa XI TKR SMK Muhammadiyah 2 Playen sebanyak 30 siswa. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket. Teknik analisis menggunakan analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui kelayakan e-modul berbasis lectora. Hasil uji kelayakan e-modul sistem rem oleh ahli materi mendapatkan nilai sebesar 81% dikategorikan sangat baik, oleh ahli media sebesar 85% dikategorikan sangat baik, oleh uji coba kelompok kecil sebesar 83% dikategorikan sangat baik, dan oleh uji coba kelompok besar nilai sebesar 79% dikategorikan baik. Dari hasil uji di atas dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis lectora yang dikembangkan layak digunakan pada pembelajaran sistem rem.

Kata kunci: e-modul, lectora, sistem rem


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i2.24380

Article Metrics

Abstract view : 470 times
PDF file view : 460 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.
 |  Add comment


 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan by FTK Universitas Pendidikan Ganesha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.