FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KOMPETENSI PEMESINAN SISWA PADA PENDIDIKAN KEJURUAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i2.25198Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menemukan: (1) Pengaruh motivasi berprestasi secara langsung terhadap pembelajaran praktik pemesinan, (2) Pengaruh motivasi berprestasi dan fasilitas bengkel secara langsung terhadap kompetensi pemesinan siswa, (3) Pengaruh motivasi berprestasi dan fasilitas bengkel secara tidak langsung melalui pembelajaran praktik pemesinan terhadap kompetensi pemesinan siswa. Metode ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif yang digunakan dalam penelitian ini. Analisis data meliputi analisis deskriptif variabel, pengujian persyaratan analisis dan analisis jalur. Hasil penelitian ini adalah: (1) Terdapat pengaruh antara motivasi berprestasi dan fasilitas bengkel secara langsung dan signifikan terhadap pembelajaran praktik pemesinan, (2) Terdapat pengaruh antara motivasi berprestasi, fasilitas bengkel, dan pembelajaran praktik pemesinan secara langsung dan signifikan terhadap kompetensi pemesinan, (4) Terdapat pengaruh antara motivasi berprestasi dan fasilitas bengkel secara tidak langsung dan signifikan melalui pembelajaran praktik pemesinan terhadap kompetensi pemesinan kelas XII siswa SMK Teknik Pemesinan di Kabupaten Bantul.Downloads
Published
2020-07-31
Issue
Section
JPTK
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)