PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENERAPAN GAMIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN

Authors

  • Komang Redy Winatha STMIK STIKOM Indonesia
  • Kadek Ayu Ariningsih STMIK STIKOM Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i2.26010

Abstract

Penelitian bertujuan menerapkan dan mengkaji gamifikasi dalam pembelajaran di STMIK STIKOM Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan semua respon mahasiswa setelah dilakukan penerapan gamifikasi melalui kuesioner. Data diperoleh dari hasil pengisian kuesioner melalui google form yang berisikan 33 pernyataan. Pernyataan dikelompokkan menjadi dua bagian, Bagian pertama untuk menggali pendapat mahasiswa tentang penerapan gamifikasi, sedangkan bagian yang kedua untuk menggali sejauh mana manfaat dari penerapan gamifikasi bagi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gamifikasi dalam pembelajaran memberikan manfaat positif kepada mahasiswa dimana mereka lebih bersemangat, merasa senang, tidak merasa bosan dan dapat berpartisipasi dengan aktif dalam mengerjakan latihan-latihan materi.

Author Biographies

Komang Redy Winatha, STMIK STIKOM Indonesia

Dosen Program Studi Teknik Informatika, STMIK STIKOM Indonesia

Kadek Ayu Ariningsih, STMIK STIKOM Indonesia

Dosen Program Studi Teknik Informatika, STMIK STIKOM Indonesia

Downloads

Published

2020-07-31