PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP PENERAPAN GAMIFIKASI DALAM PEMBELAJARAN
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v17i2.26010Abstract
Penelitian bertujuan menerapkan dan mengkaji gamifikasi dalam pembelajaran di STMIK STIKOM Indonesia. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mendeskripsikan semua respon mahasiswa setelah dilakukan penerapan gamifikasi melalui kuesioner. Data diperoleh dari hasil pengisian kuesioner melalui google form yang berisikan 33 pernyataan. Pernyataan dikelompokkan menjadi dua bagian, Bagian pertama untuk menggali pendapat mahasiswa tentang penerapan gamifikasi, sedangkan bagian yang kedua untuk menggali sejauh mana manfaat dari penerapan gamifikasi bagi mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan gamifikasi dalam pembelajaran memberikan manfaat positif kepada mahasiswa dimana mereka lebih bersemangat, merasa senang, tidak merasa bosan dan dapat berpartisipasi dengan aktif dalam mengerjakan latihan-latihan materi.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)