PEMBELAJARAN BERBASIS KOMPUTER PADA MATA KULIAH PROGRAM LINIER UNTUK MENGEMBANGKAN BERPIKIR KRITIS
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v7i1.27Abstract
Pemahaman konseptual program linier dibutuhkan untuk membantu dalam menganalisis permasalahan sumber daya meliputi tenaga kerja, bahan baku, dana, dan sebagainya. Hasil analisis tersebut digunakan untuk pengambilan keputusan terkait dengan optimalisasi tujuan yang hendak dicapai. Dalam melakukan analisa dibutuhkan kemampuan berpikir untuk merepresentasikan dan menerjemahkan masalah-masalah sumber daya. Pembelajaran dengan metoda ceramah, belum bisa memfasilitasi pemahaman secara optimal. Upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan pembelajaran berbasis komputer guna menambah pemahaman terhadap program linier. Dengan pembelajaran berbasis komputer dapat mengembangkan cara berpikir kritis, sehingga mampu untuk melakukan menganalisa permasalahan sumber daya untuk dapat mengambil keputusan secara optimal.
Kata kunci: pembelajaran berbasis komputer, program linier, berpikir kritis
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)