PELATIHAN PEMANFAATAN LIMBAH KEMASAN PLASTIK MENJADI PRODUK SENI KERAJINAN DI KELURAHAN KAMPUNG KAJANAN KECAMATAN BULELENG KABUPATEN BULELENG

Authors

  • Damiati -

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v10i1.2866

Abstract

Pengabdian Pada Masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan pelatihan kepada ibu-ibu dan remaja putus sekolah dalam bentuk ceramah dan pemberian keterampilan tentang pemanfaatan limbah kemasan plastik menjadi produk seni kerajinan yang memiliki nilai ekonomis yang nantinya dapat meningkatkan pengasilan keluarga.

Kegiatan pelatihan ini menggunakan metode ceramah, demonstrasi, tanya jawab dan praktek langsung tentang pemanfaatan limbah kemasan plastik menjadi produk seni kerajinan seperti tas, table mats, tudung saji, dan lain-lain. Untuk mengetahui tingkat keberhasilan pelaksanaan pelatihan dilakukan evaluasi tingkat penguasaan keterampilan mulai dari tahap persiapan, pemilihan bahan, mendisain dan pelaksanaan keterampilan membuat prosuk seni kerajinan dari bahan limbah kemasan plastik.

Hasil pelatihan menunjukkan tingkat keberhasilan yang dicapai tergolong baik, yaitu peserta mampu membuat keterampilan produk seni kerajinan dari bahan limbah kemasan plastik berupa tas, table mats, tudung saji, dan lain-lain, dengan baik dan benar.

 

Kata-kata kunci : limbah kemasan plastik, produk seni kerajinan

Downloads

Published

2013-01-25