KARATERSTIK PRESSURE COEFFICENT (CP) PADA ALIRAN SETELAH MELEWATI CYCLONE DENGAN DUA DINDING EFEKTIF

Authors

  • Gede Widayana

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v9i2.2869

Abstract

Perkembangan di bidang otomotif belakangan ini sangat pesat, perbaikan demi perbaikan terus dilakukan dalam upaya untuk meningkatkan unjuk kerja mesin. Upaya tersebut dapat dilakukan dengan pembuatan desain baru secara keseluruhan yang lebih baik atau dengan memberikan peralatan tambahan pada mesin yang sudah ada. Generasi terbaru dari cyclone adalah jenis Internal Flow Cyclone, sedikit berbeda dari dari tipe sebelumnya, cyclone jenis ini ditempatkan setelah karburator sebelum masuk ruang bakar. Penambahan ini berguna untuk meningkatkan homogenitas campuran udara dan bahan bakar.

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menghilangkan daerah separasi inlet cyclone sehingga menghasilkan generasi kedua dari cyclone yaitu Cyclone dengan Dua Dinding Efektif kemudian dicari seberapa besar karateristik Pressure Coefficent (Cp) Pada Aliran Setelah Melewati Cyclone dengan Dua Dinding Efektif ini.

Cyclone dengan dua dinding efektif mampu menguragi effect blockage pada daerah central area of inner passage dan pada outer passage , terlihat dari semakin mengecilnya harga Pressure Coefficent (Cp) pada kedua area tersebut.

 

Kata-kata kunci : Pressure Coefficent (Cp), Cyclone, Internal Flow Cyclone

Downloads

Published

2012-07-19