PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS XI IS 2 SMA NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN PELAJARAN 2009/2010

Authors

  • Ni Luh Susri Wedayanti

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v9i2.2870

Abstract

Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk meningkatkan : (1) aktivitas belajar siswa, dan (2) Hasil Belajar Siswa dengan penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran TIK.

Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Singaraja, dengan subyek penelitian adalah kelas XI IS 2 yang berjumlah 39 siswa. Tindakan yang dilakukan pada penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dalam pembelajaran TIK. Teknik pengumpulan data aktivitas belajar siswa menggunakan lembar observasi, hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan tes. Analisis data dilakukan secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan : (1) terjadi peningkatan aktivitas belajar siswa yang dapat dilihat dari observasi awal aktivitas belajar siswa terlihat kurang aktif kemudian pada siklus I masih tetap terkategori kurang aktif dan pada siklus II aktivitas belajar siswa tergolong aktif. Pada siklus II, aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan sebesar 78,63% dari 2,62 menjadi 4,68 dengan kategori aktif. (2) Hasil belajar siswa yang dicapai sebelum penerapan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw ini adalah sebesar 73,76, kemudian pada siklus I hasil belajar siswa menjadi 71,52 dan pada siklus II, hasil belajar siswa menjadi 77,04. Hal ini berarti terjadi peningkatan sebesar 7,72% dengan kriteria sudah mencapai KKM yang ditentukan atau bisa dikatakan tuntas.

 

Kata-kata kunci : model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw, aktivitas belajar, hasil belajar siswa.

Downloads

Published

2012-07-19