PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD UNTUK MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR TIK SISWA KELAS XI BAHASA1 SMA NEGERI 3 SINGARAJA TAHUN AJARAN 2009/2010

Authors

  • Ni Wayan Yuni

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v9i2.2871

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk (1) meningkatkan aktivitas belajar siswa dan (2) meningkatkan hasil belajar siswa dalam pelajaran TIK melalui implementasi model pembelajaran kooperatif tipe STAD.

Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang melibatkan subjek sebanyak 43 orang siswa kelas XI Bahasa1 SMA Negeri 3 Singaraja pada tahun ajaran 2009/2010. Objek penelitian ini adalah (1) aktivitas belajar siswa dan (2) hasil belajar siswa terhadap pelajaran TIK. Penelitan ini berlangsung ke dalam dua siklus pembelajaran dengan tahap-tahap tiap siklus adalah (1) perencanaan, (2) tindakan, (3) observasi/ evaluasi, dan (4) refleksi. Jenis data yang dikumpulkan adalah data mengenai (1) aktivitas belajar siswa dan (2) hasil belajar siswa. Data aktivitas belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode observasi, sedangkan data hasil belajar siswa dikumpulkan dengan menggunakan metode tes dan observasi. Data yang telah terkumpul selanjutnya dianalisis secara deskriptif.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) implementasi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, yaitu dari 3,8 dengan kategori cukup aktif pada siklus I menjadi 6,0 dengan kategori aktif pada siklus II, (2) implementasi pembelajaran kooperatif tipe STAD dapat meningkatkan hasil belajar siswa, yaitu pada siklus I rata-rata () hasil belajar siswa diperoleh sebesar 77,0 dengan kategori tuntas meningkat pada siklus II menjadi 82,7 dengan kategori tuntas, daya serap (DS) siswa pada siklus I diperoleh sebesar 77,0% dengan kategori tuntas meningkat menjadi 82,7% dengan kategori tuntas pada siklus II, dan ketuntasan klasikal (KK) pada siklus I diperoleh sebesar 68,3% dengan kategori tidak tuntas kemudian meningkat pada siklus II menjadi 90,0% dengan kategori tuntas.

Kata-kata kunci:         model pembelajaran kooperatif STAD, aktivitas belajar, hasil belajar TIK

Downloads

Published

2012-07-19