PENGEMBANGAN LEMBAR KERJA SISWA (LKS) UNTUK MATERI MICROSOFT ACCESS DI KELAS XI SMA NEGERI 3 SINGARAJA

Authors

  • Putu Melly Soliastini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v9i2.2872

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) merancang dan mengimplementasikan pengembangan LKS untuk materi Microsoft Access di SMA Negeri 3 Singaraja; (2) mengetahui respon siswa kelas XI SMA Negeri 3 Singaraja terhadap pengembangan LKS untuk materi Microsoft Access.

Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian dan Pengembangan (Research and Development / R&D) dengan model pengembangan Dick and Carey. Penelitian ini melibatkan siswa kelas XI-IPA 1 SMA Negeri 3 Singaraja tahun ajaran 2009/2010. Data tentang sumber belajar siswa diperoleh dengan menggunakan wawancara dan angket. Data tentang karakteristik siswa, kevalidan LKS serta respon siswa diperoleh dengan menggunakan angket. Data yang diperoleh tersebut dianalisis secara deskriptif.

Hasil analisis data respon siswa menunjukkan bahwa persentase siswa yang memberikan respon sangat positif sebesar 77,5%, persentase siswa yang memberikan respon positif sebesar 22,5% dan tidak ada siswa yang memberikan respon ragu-ragu, negatif maupun sangat negatif. Skor rata-rata respon siswa yang diperoleh adalah sebesar 82,05. Skor tersebut menunjukkan bahwa respon siswa terhadap pengembangan LKS untuk materi Microsoft Access berada pada kategori sangat positif.

 

Kata-kata kunci: pengembangan, LKS, Microsoft Access

Downloads

Published

2013-07-19