PERANAN PENGETAHUAN GIZI IBU HAMIL DAN IBU MENYUSUI TERHADAP KECERDASAN ANAK MELALUI PENDIDIKAN KESEJAHTERAAN KELUARGA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v7i1.32Abstract
Pendidikan Kesejahteraan Keluarga salah satu pendidikan formal denganprogram regular yang diselenggarakan di sekolah dimana mempunyai tujuan untuk
menjadikan anak didik menjadi kreatif sehingga dapat menggeneralisasikan,
mengabstrakkan, dan menemukan hubungan sehingga dapat mengemukakan pendapat
dan bersikap, selain itu dapat menumbuhkan nilai-nilai insani dan ilahi dalam
masyarakat. Untuk itu anak perlu mendapatkan pendidikan melalui asuhan dan
bimbingan serta pengawasan dari orang tua selain di sekolah.
Agar anak dapat tumbuh kembang dengan optimal orang tua harus memenuhi
kebutuhan faali anak yaitu kebutuhan anak dalam mendapatkan makanan bergizi
mulai dalam kandungan sampai dilahirkan yang berguna untuk pertumbuhan badan
perkembangan kecerdasannya.
Keadaan perkembangan otak sangat terpengaruh apabila kurang gizi terjadi
sejak dalam kandungan dan berlanjut sampai usia bayi.
Keadaan malnutrisi akan mengganggu pertumbuhan dan perkembangan janin
yang dikandungnya dan memberi dampak terjadinya inferior. Untuk itu diperlukan
gizi yang cukup bagi calon ibu dan ibu hamil agar anak yang dilahirkan sehat dan
kelak merupakan sumber daya yang berkualitas dan dapat diandalkan untuk bersaing
di era globalisasi.
Kata kunci : Gizi ibu hamil dan menyusui, kecerdasan anak, Pendidikan PKK
Downloads
Published
2012-04-23
Issue
Section
JPTK
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)