VIRTUAL REALITY FOR SUPPORTING AUTHENTIC LEARNING IN 21ST CENTURY LANGUAGE CLASSROOM

Luh Putu Restu Adi Utami, Ni Komang Arie Suwastini, Gede Rasben Dantes, Christina Turut Suprihatin, Kadek Eva Krishna Adnyani

Abstract


Pembelajaran otentik adalah konsep untuk mendekatkan dunia nyata atau pengalaman nyata kepada siswa di dalam kelas. Penggunaan pembelajaran otentik yang menghadirkan realitas di dalam kelas lebih kontekstual dengan aktivitas siswa sehari-hari. Virtual Reality (VR) menawarkan simulasi multimedia 3D kehidupan nyata interaktif, mempromosikan interaktivitas dengan dunia ciptaan, dan memungkinkan sensasi sensorik. Artikel ini mensintesis artikel penelitian sebelumnya dari jurnal terindeks SCOPUS tentang penggunaan realitas virtual untuk mendukung pembelajaran otentik di ruang kelas bahasa abad ke-21. Pendekatan yang digunakan dalam tinjauan pustaka ini adalah pendekatan yang disederhanakan oleh Aveyard (2010). Hasil tinjauan pustaka ini menemukan bahwa penggunaan virtual reality memberikan beberapa manfaat dalam pembelajaran otentik di kelas bahasa abad 21. Selain itu, penggunaan Virtual Reality di kelas bahasa abad ke-21 juga memiliki kelebihan dan kekurangan. Kajian ini mengimplikasikan bahwa implementasi Realitas Virtual di bawah kerangka teoritis dan teknik yang ada akan mempertahankan premis bahwa hasil pembelajaran dibantu oleh pengoperasian lingkungan virtual di bawah kerangka teoritis yang ditetapkan.


Keywords


pembelajaran otentik; pembelajaran bahasa Inggris; realitas virtual; teknologi

Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v18i1.32376

Article Metrics

Abstract view : 913 times
PDF file view : 333 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan by FTK Universitas Pendidikan Ganesha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.