MULTIMEDIA INTERAKTIF TENTANG HARI PENCIPTAAN UNTUK ANAK SEKOLAH MINGGU DI GKT AMPENAN BERBASIS ANDROID
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v19i1.34298Keywords:
Multimedia, interaktif, android, media belajar, animasiAbstract
Hari penciptaan merupakan Firman Allah pertama yang ada di Alkitab dan juga merupakan salah satu kurikulum yang diajarkan pada anak – anak yang ada di Sekolah Minggu GKT Ampenan. Berdasarkan hasil observasi di lapangan dan wawancara dengan pembina di sekolah minggu GKT Ampenan, kekurangan pemahaman pengajar serta kurangnya konsentrasi anak membuat anak – anak masih kurang mengerti tentang hari penciptaan. Berdasarkan permasalahan yang muncul tersebut, maka dirancang sebuah multimedia interaktif berbasis android untuk membantu meningkatkan pemahaman anak mengenai hari penciptaan. Pengembangan multimedia interaktif, menggunakan metode cylic strategy. Dalam pembuatannya, multimedia interaktif ini dibutuhkan data – data mengenai pemahaman hari penciptaan pada anak sekolah minggu di GKT Ampenan. Hasil pengujian yang dilakukan terhadap ahli media, pengajar dan 10 orang anak sekolah minggu di GKT Ampenan, menunjukkan hasil dan tanggapan yang baik terhadap multimedia interaktif tentang hari penciptaan. Penyampaian secara interaktif dan menarik, meningkatkan pemahaman siswa terkait materi yang diajarkan khususnya materi mengenai Firman Allah.
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)