PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS LKS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TIK SISWA KELAS X SMAK SANTO PAULUS SINGARAJA
DOI:
https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v10i2.4075Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK melalui metode kooperatif berbasis LKS, (2) meningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran TIK melalui metode kooperatif berbasis LKS, (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan pembelajaan kooperatif berbasis LKS pada mata pelajaran TIK.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAK Santo Paulus Singaraja tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 29 orang. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar, hasil belajar dan respon siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah (1) metode observasi yang digunakan untuk memperoleh data motivasi belajar, (2) metode tes yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar, (3) kuisioner digunakan untuk memperoleh data respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif. Semua data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif.
Hasil penelitian menunjukkan (1) terjadi peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa pada pelajaran teknologi informasi dan komunikasi sebesar 2,12 atau 15% yaitu pada siklus I rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 11,60 dengan kualifikasi cukup tinggi sedangkan pada siklus II sebesar 13,72 dengan kualifikasi tinggi, (2) terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 3,2% yaitu pada siklus I sebesar 73,79 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75,86% meningkat menjadi 76,25 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% pada siklus II, (3) Respon siswa terhadap penerapan metode kooperatif berbasis LKS pada mata pelajaran TIK adalah positif dengan rata-rata sebesar 78,28.
Kata-kata kunci: pembelajaran kooperatif, motivasi belajar, hasil belajar
Downloads
Published
Issue
Section
License
Authors who publish with the JPTK agree to the following terms:- Authors retain copyright and grant the journal the right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgment of the work's authorship and initial publication in this journal
- Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgment of its initial publication in this journal.
- Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work. (See The Effect of Open Access)