PEMBELAJARAN KOOPERATIF BERBASIS LKS UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR PADA MATA PELAJARAN TIK SISWA KELAS X SMAK SANTO PAULUS SINGARAJA

Authors

  • Ni Putu Linda Ariastini

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v10i2.4075

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) meningkatan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran TIK melalui metode kooperatif berbasis LKS, (2) meningkatan  hasil belajar siswa  pada mata pelajaran TIK melalui metode kooperatif berbasis LKS, (3) mendeskripsikan respon siswa terhadap penerapan pembelajaan kooperatif berbasis LKS pada mata pelajaran TIK.

Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus pembelajaran. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMAK Santo Paulus Singaraja tahun pelajaran 2009/2010 yang berjumlah 29 orang. Objek penelitian ini adalah motivasi belajar, hasil belajar dan respon siswa. Metode pengumpulan data yang dipergunakan adalah (1) metode observasi yang digunakan untuk memperoleh data motivasi belajar, (2) metode tes yang digunakan untuk memperoleh data hasil belajar, (3) kuisioner digunakan untuk memperoleh data respon siswa terhadap pembelajaran kooperatif. Semua data dalam penelitian ini dianalisis menggunakan statistik deskriptif kuantitatif.

Hasil penelitian menunjukkan (1) terjadi peningkatan rata-rata motivasi belajar siswa pada pelajaran teknologi informasi dan komunikasi sebesar 2,12 atau 15% yaitu pada siklus I rata-rata motivasi belajar siswa sebesar 11,60 dengan kualifikasi cukup tinggi sedangkan pada siklus II sebesar 13,72 dengan kualifikasi tinggi, (2) terjadi peningkatan rata-rata hasil belajar siswa sebesar 3,2% yaitu pada siklus I sebesar 73,79 dengan ketuntasan klasikal sebesar 75,86% meningkat menjadi 76,25 dengan ketuntasan klasikal sebesar 100% pada siklus II, (3) Respon siswa terhadap penerapan metode kooperatif berbasis LKS pada mata pelajaran TIK adalah positif dengan rata-rata sebesar 78,28.

Kata-kata kunci: pembelajaran kooperatif, motivasi belajar, hasil belajar

Downloads

Published

2013-08-01