PENINGKATAN KINERJA PERANGKAT ELEKTRONIK BERBASIS MIKROKONTROLER AVR 8 BIT DENGAN MENGGUNAKAN RTOS (REAL TIME OPERATING SYSTEM)

I Wayan Sutaya

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengimplementasikan RTOS (Real Time Operating System) pada perangkat elektronik berbasis mikrokontroler AVR 8 bit sehingga didapatkan peningkatan kinerja pada perangkat tersebut. RTOS yang digunakan adalah freeRTOS dimana RTOS ini mendukung mikrokontroler 8 bit, berukuran kecil, dan bersifat open source. Hasil penelitian ini berguna bagi praktisi-praktisi elektronika dalam hal menekan biaya produksi pembuatan perangkat elektronik berbasis mikrokontroler 8 bit karena resource yang digunakan bisa dikurangi. Metode yang digunakan adalah metode penelitian pengembangan (Research and development) dengan cara membuat studi kasus perangkat elektronik yang berbasis mikrokontroler. Perangkat elektronik yang dibuat adalah unit kendali elektronik pada sepeda motor. Selanjutnya mikrokontroler pada perangkat ini diprogram dengan menggunakan dua skenario. Skenario pertama adalah tanpa menggunakan RTOS dan skenario kedua dengan menggunakan RTOS. Dari dua skenario ini dilakukan pengujian dan analisis untuk mengetahui besar peningkatan kinerja yang didapat.


Full Text:

PDF


DOI: http://dx.doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v12i1.4897

Refbacks

  • There are currently no refbacks.

Comments on this article

View all comments
 |  Add comment


 

Creative Commons License

Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan by FTK Universitas Pendidikan Ganesha is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.