REMASTERING SISTEM OPERASI BERBASIS OPEN SOURCE LINUX UNTUK PEMBELAJARAN KIMIA (STUDI KASUS PADA MATA KULIAH KOMPUTASI DATA JURUSAN ANALIS KIMIA UNDIKSHA)

Authors

  • Ni Wayan Martiningsih
  • Made Gede Sunarya

DOI:

https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v12i1.4903

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk merancang pengembangan remastering sistem operasi berbasis open source linux untuk pembelajaran kimia pada mata kuliah Komputasi Data dan mengetahui respon mahasiswa terhadap remastering sistem operasi tersebut. Rancangan yang digunakan dalam penelitian ini adalah rancangan penelitian pengembangan (Research and Development). Pengumpulan data respon mahasiswa dilakukan dengan cara pemberian angket kepada mahasiswa. Data yang terkumpul dianalisis secara statistik deskriptif.

Rancangan remastering dilakukan berdasarkan analisis kebutuhan pada mata kuliah Komputasi Data. Remastering dirancang menggunakan Linux Ubuntu 10.4 dan menggabungkan program aplikasi kimia yaitu Avogadro, Bkchen, Chemical calculator, dwawXTL, GabEdit, GchemPaint, Gperiodic, Kalzium, PeriodicTable, XdrawChem. Respon mahasiswa terhadap  pengembangan remastering sistem operasi linux untuk pembelajaran kimia pada mata kuliah Komputasi Data adalah sangat positif

Downloads

Published

2015-01-31